JPNN.com

GTPP Covid-19 Buleleng Gelar Simulasi New Normal di Pasar Rakyat

Minggu, 12 Juli 2020 – 19:25 WIB
GTPP Covid-19 Buleleng Gelar Simulasi New Normal di Pasar Rakyat - JPNN.com
Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Jalan Diponegoro yang berdekatan dengan Pasar Anyar, di Kabupaten Buleleng, Minggu (12/7). Foto Dok GTPP COVID-19 Buleleng

jpnn.com, BULELENG - Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Buleleng menggelar simulasi penerapan tatanan kehidupan pola hidup baru atau new normal di pasar rakyat.

Simulasi diawali dengan apel yang dipimpin langsung oleh Bupati Buleleng Putu Agus Suradnyana di Jalan Diponegoro yang berdekatan dengan Pasar Anyar, di Kabupaten Buleleng, Minggu (12/7).

Suradnyana mengatakan, simulasi new normal ialah cara pemerintah setempat untuk mengedukasi masyarakat, demi menghindarkan terjadinya klaster penularan COVID-19 di pasar.

"Simulasi ini dilakukan di dua pasar besar yaitu Pasar Anyar dan Pasar Banyuasri, langkah maju sudah dilakukan PD Pasar dengan mengurai pedagang agar physical distancing tetap berjalan," kata Suradnyana dalam sambutannya saat apel, Minggu.

Dalam simulasi itu, GTPP COVID-19 Buleleng menekankan soal perlunya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seperti penggunaan masker ketika berada di pasar.

"Protokol kesehatan pencegahan COVID-19 juga telah dilakukan seperti memakai masker dan penyediaan tempat cuci tangan," lanjut dia.

Dia pun menambahkan, ke depan pemakaian face shield pun perlu juga diterapkan di pasar. Sebab, pemakaian itu bisa mencegah terjadinya penularan COVID-19.

“Saat ini belum merata, karena baru diputuskan kemarin malam. Kita harus pengadaan face shield dulu. Setelah itu, semua pedagang harus memakai face shield,” ujar dia.

Bupati yang beken disebut PAS itu menegaskan, pada tatanan kehidupan era baru ini yang terpenting adalah bagaimana pedagang bisa mencari nafkah, tanpa mengabaikan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy