GTRA Summit 2022 Jadi Cara BPN untuk Pacu Efektivitas Reforma Agraria

GTRA Summit 2022 Jadi Cara BPN untuk Pacu Efektivitas Reforma Agraria
Wamen ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra mengatakan pihaknya salah satu instansi membutuhkan sinergi dan komitmen dari dari seluruh anggota GTRA. Foto: Kementerian ATR/BPN.

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) telah membentuk Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA)

GTRA dibentuk guna mewujudkan dan mengoperasionalkan Program Strategis Nasional (PSN) Reforma Agraria agar secara efektif.

Sebab, Kementerian ATR/BPN sebagai salah satu instansi membutuhkan sinergi dan komitmen dari dari seluruh anggota GTRA.

Kementerian ATR/BPN pun bakal menyelenggarakan GTRA Summit 2022 di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara pada 8-10 Juni 2022 mendatang.

Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Surya Tjandra mengatakan GTRA akan menjadi pintu masuk segala persoalan terkait tanah dan ruang.

"Ruang itu bukan hanya tanah, tetapi ada laut, udara, ruang di bawah tanah atau ruang antara tanah dengan angkasa," ujarnya dalam keterangan resmi, Senin (6/6).

Surya mengatakan anggota GTRA nantinya akan diatur secara sektoral dan merupakan perintah Presiden Joko Widodo.

"Jadi, mimpi Presiden Joko Widodo, yakni sinkronisasi pemadanan berbagai sektor. Kalau tidak dikelola secara efektif dan efisien, bisa berantakan," ujar Surya.

Kementerian ATR/BPN sebagai salah satu instansi membutuhkan sinergi dan komitmen dari dari seluruh anggota GTRA.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News