Gubernur Bengkulu Lolos Pantauan, Melenggang Keluar Bareskrim

Gubernur Bengkulu Lolos Pantauan, Melenggang Keluar Bareskrim
Ilustrasi.

jpnn.com - JAKARTA - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah diam-diam sudah meninggalkan Bareskrim Polri, Rabu (8/7) sekitar pukul 15.00. Kala itu dia baru saja digarap sebagai saksi kasus dugaan korupsi pembayaran honor Tim Pembina Rumah Sakit Umum Daerah M. Yunus, Bengkulu tahun 2011 senilai Rp 5,4 miliar.

Kedatangan dan kepulangan Junaidi ke Bareskrim luput dari pantauan media. Kuasa  Hukum Junaidi, Muspani membenarkan kliennya sudah selesai diperiksa pukul 15.00. 

Menurut Muspani, kliennya diperiksa soal surat keputusan (SK) nomor Z.17 XXXVIII tahun 2011 tentang pembinaan manajemen RSU M Yunus yang diterbitkan Junaidi. "Jadi Pak Gubernur perlu menjelaskan soal bagaimana SK itu terbit. SK itu terbit karena kebutuhan SKPD/rumah sakit. Diajukan ke Pemda Provinsi, melalui Biro Hukum," katanya saat dihubungi dari Jakarta, Rabu (8/7).

Dia mengklaim penerbitan SK itu sudah sesuai dengan prosedur. Dia membantah SK itu bertentangan dengan Permendagri nomor 61 tahun 2007 tentang Dewan Pengawas.

Berdasarkan Permendagri tersebut, Badan Layanan Umum Daerah  tidak mengenal tim pembina. Malah, Musfani menegaskan, SK itu merupakan turunan dari Permendagri Nomor 61. "Jadi Tim Pembina Rumah Sakit M Yunus dibentuk karena sistem BLUD, karena untuk mengawasi rumah sakit," katanya.

"Nah sekarang, dalam persidangan lalu di Bengkulu dianggap bertentangan dengan Permendagri, padahal justru SK ini dibuat menindaklanjuti keputusan Mendagri Nomor 61. Ini adalah payung  hukum bagi RSMY dalam menjalankan BLUD," timpalnya.

Ia pun menyebut ini merupakan persoalan administrasi. Kalau semua SK dipidana, kata dia, maka bisa hancur negeri ini. "Kalau begitu, kapolri bisa dipidanakan juga selaku pembuat keputusan," katanya.

Karenanya, Muspani mengatakan, pihaknya memberi masukan kepada Bareskrim untuk mengacu pada Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan.

JAKARTA - Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah diam-diam sudah meninggalkan Bareskrim Polri, Rabu (8/7) sekitar pukul 15.00. Kala itu dia baru saja

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News