Gubernur Dipilih DPRD untuk Tekan Politik Uang

Proses Pemilihan Diyakini Lebih Mudah

Gubernur Dipilih DPRD untuk Tekan Politik Uang
Gubernur Dipilih DPRD untuk Tekan Politik Uang
JAKARTA - Pemerintah terus mematangkan draft RUU Pemilukada. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan, pemerintah menginginkan Gubernur dipilih DPRD.

Menurut Gamawan, ada beberapa pertimbangan tentang alasan pemerintah mengusulkan gubernur dipilih oleh DPRD. Selain untuk memudahkan pemilihan, pemilihan gubernur oleh DPRD juga untuk menghidari biaya politik yang besar, serta menekan praktik money politics.

"Kalau nanti ada yang bilang bahwa dipilih tetap masih ada money politic, ya pada hari itu calonnya dikoreksi. Pada hari itu juga dilakukan pemilihan, anggota DPRD tidak boleh keluar. Kan bisa," kata Gamawan saat ditemui usai menghadiri hari Konstitusi di gedung DPR RI, Kamis (18/8).

Dengan waktu yang terbatas untuk menggelar pemilihan, imbuh Gamawan, maka semakin sempit pula peluang untuk lobi-lobi. "Kalau perlu hari itu diawasi oleh aparat. Kita buat aturan begitu, dan banyak lagi aturan yang bisa mengunci untuk mengurangi money politics di tingkat lokal," tandasnya.

JAKARTA - Pemerintah terus mematangkan draft RUU Pemilukada. Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menyatakan, pemerintah menginginkan Gubernur dipilih

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News