Gubernur DIY: Momentum Perayaan HMI Harus Menguatkan Kesadaran

Gubernur DIY: Momentum Perayaan HMI Harus Menguatkan Kesadaran
Sri Sultan Hamengku Buwono X. Foto: Radar Jogja

jpnn.com, YOGYAKARTA - Kota Yogyakarta menjadi lokasi penyelenggara Perayaan Hari Museum Nasional 2021.

Acara yang digelar secara daring ini, menjadi puncak dari rangkaian acara Peringatan 50 Tahun Badan Musyawarah Musea (Barahmus) DIY, yang sudah berlangsung sejak 7 Agustus 2021 silam.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset & Teknologi mengingatkan agar kita jangan sekali-kali melupakan sejarah. Karena sejarah adalah pembangun jati diri kita sebagai bangsa.

“Bung Karno telah berpesan pada generasi penerus, jangan sekali-kali melupakan sejarah. Kita sebagai generasi muda harus ingat pesan itu, karena sejarah dan budaya merupakan pembangun jati diri Indonesia. Sudah sepatutnya kita merawat warisan pendahulu kita. Salah satu caranya adalah melalui museum," ujar Nadiem.

Nadiem juga menegaskan saat ini Indonesia memiliki 509 museum dan jumlahnya terus bertambah seiring tumbuhnya kesadaran akan pentingnya museum.

“Semua sudah menyadari museum adalah sumber pengetahuan tentang asal-usul kita sebagai suatu bangsa, dan sumber kekuatan kita untuk membangun masa depan,” imbuh Nadiem.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno turut mengapresiasi Barahmus DIY, yang telah menyelenggarakan rangkaian kegiatan Festival Museum Yogya 2021.

Sandiaga juga berharap ada adaptasi penerapan protokol kesehatan CHSE untuk destinasi pariwisata.

Kota Yogyakarta menjadi lokasi penyelenggara Perayaan Hari Museum Nasional 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News