Gubernur Ganjar Tiba-tiba Bergerak Maju Mendekati Barongsai

Gubernur Ganjar Tiba-tiba Bergerak Maju Mendekati Barongsai
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi pemain barongsai pada perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Sam Poo Kong. Foto: ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Puncak perayaan Tahun Baru Imlek 2571 di Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, Sabtu (25/1) dihadiri Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bahkan secara spontan, Ganjar menjadi pemain barongsai.

Awalnya Ganjar yang saat itu hadir memeriahkan perayaan Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong hanya berdiri menyaksikan atraksi barongsai, namun tiba-tiba dirinya bergerak maju kemudian meminjam kepala barongsai dari salah seorang pemain.

Orang nomor satu di Jateng itu kemudian memainkan barongsai hitam tersebut dengan berlenggak-lenggok seperti pemain profesional sehingga membuat para pejabat langsung berdiri sambil tepuk tangan.

Kesempatan itu tidak disia-siakan Ganjar yang langsung menuju ke tenda VIP sambil membuka mulut barongsai di hadapan para pejabat, salah satunya Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu untuk meminta angpau.

Meski hanya sebentar, Ganjar menyadari bahwa bermain barongsai tidaklah semudah seperti yang terlihat karena butuh keterampilan dan kekompakan agar menghasilkan pertunjukan menarik.

"Ternyata sulit, saya tadi bingung gimana cara memainkan agar mulutnya kebuka dan matanya berkedip," kata Ganjar.

Ganjar mengatakan bahwa kekayaan budaya dari agama, suku, ras, dan golongan di Indonesia berlimpah, apalagi masing-masing memiliki tradisi, seni, serta budaya menarik.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo ikut merayakan puncak perayaan Tahun Baru Imlek di Kelenteng Sam Poo Kong, Kota Semarang, dengan menjadi pemain barongsai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News