Gubernur Sumut dan Aceh Sambut Baik Arahan Menpora Amali Terkait PON XXI

Gubernur Sumut dan Aceh Sambut Baik Arahan Menpora Amali Terkait PON XXI
Meponra Amali saat menghadiri deklarasi PON ke-21 Aceh-Sumut, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis (24/2). Foto: Doc. Kemenpora.

jpnn.com, JAKARTA - Gubernur Sumatera Utara dan Aceh menyambut baik Arahan Menpora Amali Terkait PON XXI.

Menpora Amali memberikan pengarahan saat deklarasi PON XXI Aceh-Sumut yang menitikberatkan pada kesiapan daerah.

Kesiapan yang dimaksud dimulai sejak biding dan setelah terpilih. Aceh dan Sumut harus mempersiapkan perencanaan secara matang hingga pemanfaatan fasilitas pasca even.

"Saya tadi sengaja menampilkan contoh PON Papua, berapa biayanya agar daerah mempersiapkan yang diperlukan. PON itu pada saat daerah mau biding sebagai tuan rumah sudah ada modal kesanggupan, itu yang paling penting."

"Dari kesanggupan itu apa yang bisa disupport oleh pemerintah pusat menjadi hal selanjutnya. Jadi, PON itu leading daerah bukan pusat, kami hanya melengkapi saja," kata Menpora Amali saat Deklarasi PON ke-21 Aceh-Sumut, di Anjong Mon Mata, Banda Aceh, Kamis (24/2).

Lebih lanjut, Menpora Amali berharap fasilitas yang dibangun untuk PON bisa terus bermanfaat untuk pembinaan prestasi olahraga.

"Saran saya boleh belajar dari penyelenggaraan PON sebelumnya, yang baik diambil, yang kurang diperbaiki. Setelah selesai even, fasilitas harus terus hidup."

"Terus terang selama ini kita belum sukses tentang hal ini maka PON Aceh-Sumut harus direncanakan dengan baik agar sukses pasca even dari segi pemanfaatan fasilitas," tutupnya.

Gubernur Sumatera Utara dan Aceh menyambut baik Arahan Menpora Amali Terkait PON XXI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News