Rabu, 19 Desember 2018 – 02:18 WIB

Gubernur Wayan Koster Mau Legalkan Arak Bali, Ini Alasannya

Kamis, 15 November 2018 – 09:09 WIB
Gubernur Wayan Koster Mau Legalkan Arak Bali, Ini Alasannya - JPNN.COM

jpnn.com, DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster melontarkan ide mengejutkan. Kepala daerah yang juga kader PDI Perjuangan itu ingin melegalkan arak buatan Karangasem sebagai minuman tradisional asli Bali.

Koster menyebut idenya tentang melegalkan arak bali sebagai salah satu komitmennya mengembangkan budaya dan melestarikan tradisi di Pulau Dewata. Mantan legislator di DPR RI itu menginginkan arak bali yang diproduksi secara sembunyi-sembunyi bisa dikembangkan menjadi industri rumah tangga.

“Kami akan kembangkan industri arak. Sekarang kan di Karangasem ada arak yang  diolah secara tradisional yang taste-nya itu bagus,” ujar Koster di sela-sela acara Pelantikan Pengurus Dekranasda Provinsi Bali dan Pengukuhan Bunda PAUD Provinsi Bali Periode 2018-2023 di Denpasar, Rabu (14/11).

Namun, Koster menegaskan industri itu bukan untuk arak yang memabukkan. Sebab, arak itu untuk kesehatan.

“Bukan yang asam bikin yang buat  mabuk. Tidak. Arak ini sudah diolah sangat baik untuk kesehatan. Kami buatkan nanti. Itu kearifan lokal itu bagus itu,” tegasnya.

Koster menambahkan, rencananya juga untuk memberdayakan para pembuat arak. Harapannya, arak itu menjadi produk khas masyarakat Bali.(rb/feb/pra/mus/JPR)

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar