Gubri Siap Gelar IPDN

Gubri Siap Gelar IPDN
Foto : Erisman Yahya/JPNN
JAKARTA - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan pendidikan Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Riau. Kampus IPDN regional Riau akan menempati eks bangunan SKMA yang terletak di daerah Panam, Pekanbaru, Riau. Sementara kuliah perdana akan dimulai pada 12 Januari ini.Informasi tentang kesiapan Riau tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri) HM Rusli Zainal SE MP dalam paparannya di depan Mendagri Mardiyanto dan sejumlah civitas akademika IPDN di Kampus IPDN Jatinangor, Jawa Barat, Selasa (6/1).

Seperti diketahui, IPDN ke depan akan memiliki 4 kampus regional selain kampus pusat IPDN di Jatinangor, yang antara lain terletak di Pekanbaru (Riau), Baso (Sumbar), Makassar (Sulawesi Selatan) dan Manado (Sulawesi Utara). Di Kampus IPDN Jatinangor akan menampung mahasiswa untuk dua jurusan, sementara di kampus regional masing-masing satu jurusan dengan jumlah mahasiswa masing-masing mencapai 100 orang. Untuk di IPDN Riau akan menampung mahasiswa dengan jurusan manajemen pembangunan, IPDN Sumbar manajemen keuangan daerah, IPDN Sulsel pemberdayaan masyarakat dan IPDN Sulut akan menampung mahasiswa dengan jurusan kependudukan.

Gubri Rusli dalam penjelasannya mengatakan bahwa Riau pada prinsipnya sudah sangat siap menyelenggarakan pendidikan IPDN, karena semua infrastruktur yang diperlukan sudah tersedia. Begitu juga dengan tenaga pengajarnya. “Untuk kampusnya kami akan memakai eks bangunan SKMA di Panam,” sebut Gubri seraya menyebut bahwa di sana juga sudah tersedia berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti asrama putra dan putri, perpustakaan dan rumah ibadah.

Sementara untuk tenaga pengajarnya, Gubri mengaku sudah menyiapkan dosen mencapai 60-an orang. Mereka, sebut Gubri, adalah putra-putri terbaik Riau yang saat ini menjadi dosen di beberapa perguruan tinggi di Riau, seperti Unri. “Kalau soal tenaga pengajar, tidak ada masalah, kita sudah siapkan yang terbaik,” tegas Gubri.

JAKARTA - Pemerintah Provinsi Riau menyatakan kesiapannya untuk menyelenggarakan pendidikan Ilmu Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Riau. Kampus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News