Gula Aren dan Manggis Banten Tembus Pasar Eropa

Gula Aren dan Manggis Banten Tembus Pasar Eropa
Wapres JK membuka Indonesia Trade Expo di Tangerang, Banten. Foto: Radar Banten

jpnn.com, SERPONG - Wakil Gubernur (Wagub) Banten Andika Hazrumy bersama Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, mendampingi Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka pameran perdagangan produk ekspor Indonesia atau Trade Expo 34th di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Serpong, Tangerang, Rabu (16/10).

Sebagai tuan rumah pameran perdagangan produk ekspor, Provinsi Banten memamerkan sejumlah produk unggulan yang berpotensi diekspor, di antaranya gula aren, manggis, emping, jahe merah, kue kenong, gula semut, kopi hutan Perhutani, hingga sirup belimbing wuluh.

Khusus untuk produk gula aren dan manggis, dua produk unggulan asli Banten tersebut akan segera mendunia, lantaran akan diekspor ke Eropa secara online melalui platform digital terpercaya.

Wagub Andika mengungkapkan, produk Banten yang dalam waktu dekat akan diekspor secara online melalui Indonesia In Your Hand adalah gula aren dan manggis.

“Tadi saya sempat bertemu dengan pihak Indonesia In Your Hand, pengembang platform digital ekspor binaan Kementerian Perdagangan dan Kementerian Luar Negeri agar produk-produk Banten seperti kerajinan dan pertanian dapat menembus pasar ekspor secara online,” kata Andika usai pembukaan Trade Expo 34th.

Dikatakan Andika, dirinya sudah menginstruksikan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) untuk menyiapkan dari hulu hingga hilir terkait dengan ekspor gula aren dan manggis. “Intinya Indonesia In Your Hand sudah oke, dan sekarang kita sedang mempersiapkan segala sesuatunya untuk segera direalisasikan,” ungkapnya.

Andika menambahkan, dengan memperdagangkan secara online di platform digital tersebut, gula aren dan manggis asli Banten dapat dengan mudah mendapatkan pembeli dari luar Indonesia. Selama ini, platform digital tersebut telah memiliki gerai fisik di sejumlah negara eropa. “Tadi saat penjajakan, Indonesia In Your Hand memiliki gerai fisik di Sidney Australia dan Amsterdam Belanda,” tuturnya.

Andika berharap, ke depan tidak hanya gula aren dan manggis, tapi makin banyak lagi produk unggulan Banten yang mendunia. “Kerja sama dengan Indonesia In Your Hand kita lakukan jangka panjang, ini kesempatan kita,” ungkapnya.

Produk gula aren dan manggis Banten akan diekspor ke Eropa secara online melalui platform digital terpercaya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News