Gula di Riau Rp11 Ribu, Medan Rp10.500

Gula di Riau Rp11 Ribu, Medan Rp10.500
Gula di Riau Rp11 Ribu, Medan Rp10.500
SIAK-- Manisnya gula hanya bisa dinikmati rakyat berkantong tebal. Pada pekan lalu harga gula pasir di pasar tradisonal di Kota Siak, Riau, hanya Rp10.000 perkilogramnya. Namun hari ini menembus harga Rp11.000 perkilogram. Hal yang sama juga terjadi di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan. Harga gula naik hingga dalam kisaran 20-30 persen dari harga sebelumnya. Dari semula Rp9 ribu per kilogram, harga komoditi ini melonjak menjadi Rp10.500 per kilogram.

Tidak ada pilihan lain bagi para pedagang. Mereka mengikuti kenaikan harga yang dipicu oleh distributor yang menaikkan harga. Pedagang ikut-ikutan menaikan harga jual gulanya secara sepihak dan tidak menghiraukan kondisi masyarakat yang saat ini kesulitan ekonomi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan persiapan menjelang hari raya Idul Fitri.

Para pedang di pasar Siak mengeluhkan, kenaikan harga ini bukanlah berkah bagi mereka. Pasalnya, harga yang tinggi telah menurunkan tingkat penjualan alias sepi pembeli. "Kita belinya sudah mahal tentu kita menjual juga harus mendapat untung. Keuntungan itu hanya kita ambil Rp1.000 setiap satu kilogramnya, karena harganya mahal pembelinya malah sepi," ujar Rika salah seorang pedagang sembako di pasar tradisonal di Siak.

Menurutnya, kenaikan harga ini bukan saja satu macam barang saja, tapi barang-barang lain ikut naik. Kenaikan ini juga disebabkan oleh distributor yang menaikan harganya secara sepihak dengan alasan stok terbatas, makanya mau tidak mau pedagang juga ikut menaikan harga barang yang dijual dipasaran.

SIAK-- Manisnya gula hanya bisa dinikmati rakyat berkantong tebal. Pada pekan lalu harga gula pasir di pasar tradisonal di Kota Siak, Riau, hanya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News