Gunakan Model Prediktif, Indikator Sebut Pilpres 2024 Akan Satu Putaran

Gunakan Model Prediktif, Indikator Sebut Pilpres 2024 Akan Satu Putaran
Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi. Foto: Hafidz Mubarak/Antara

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menggelar rilis hasil survei terbaru yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari - 4 Februari 2024.

Selain menegaskan keunggulan elektabilitas Prabowo-Gibran yang sudah mencapai 51,8 persen, Indikator menyebut bahwa model prediktif yang mereka kembangkan mengkonfirmasi bahwa Pilpres akan dimenangkan pasangan calon nomor urut dua tersebut pada tanggal 14 Februari nanti dengan prediksi elektablitas 54 persen.

Hal itu disampaikan oleh Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Prof. Burhanuddin Muhtadi dalam konferensi pers hasil survei yang disiarkan secara langsung di YouTube Indikator Politik Indonesia, Jumat (9/2/2024).

“Kalau kita pakai model prediktif. Dengan mengasumsikan tidak ada undecided voters, maka suara Prabowo Gibran menjadi 54 persen. Dan dengan perhitungan lower dan upper estimate, maka suara pak Prabowo paling rendah 51,6 persen, paling tinggi 56,4 persen,” jelas Burhanuddin Muhtadi dalam analisisnya.

Gunakan Model Prediktif, Indikator Sebut Pilpres 2024 Akan Satu Putaran

Hasil survei terbaru Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari - 4 Februari 2024. Foto: source for jpnn

Model prediktif, jelas Burhanuddin Muhtadi, mencoba memprediksi pasangan mana yang akan dipilih oleh pemilih yang masih belum menentukan pilihan (undecided voters), atau menyembunyikan pilihannya.

“Di hari H nanti sudah tidak ada undecided voters, (sementara) di survei ada. Kami beruntung karena undecided cuma 4,5 persen. (lalu) kami prediksi (pilihannya) berdasarkan variabel demografi, pendidikan pendapatan, desa kota,” jelasnya.

Lembaga Survei Indikator Politik Indonesia menggelar rilis hasil survei terbaru yang dilaksanakan pada tanggal 28 Januari - 4 Februari 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News