Guntur Soekarnoputra Sebut Dokter Soeharto Berani Pasang Badan untuk Keselamatan Bung Karno 

Guntur Soekarnoputra Sebut Dokter Soeharto Berani Pasang Badan untuk Keselamatan Bung Karno 
Guntur Soekarnoputra. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra menilai Dokter Soeharto, yang merupakan dokter pribadi Bung Karno dan Moh Hatta layak menjadi pahlawan nasional. 

Guntur menganggap jasa Dokter Soeharto sangat besar, terutama terhadap Proklamator RI Bung Karno. 

“Saya sangat setuju sekali bahwa Dokter Soeharto dijadikan pahlawan nasional. Saya mendukung penuh," kata Guntur dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional yang diadakan secara hybrid, Selasa (22/2). 

Kakak dari Megawati Soekarnoputri itu menceritakan Dokter Soeharto merupakan sosok penting bagi Presiden Pertama RI Soekarno. 

“Dokter Soeharto itu seorang yang berani pasang badan untuk keselamatan Bung Karno," ungkap Guntur. 

Dia menceritakan saat Belanda datang lagi dengan membonceng sekutu, Soekarno adalah orang yang paling dicari dan akan dibunuh. 

Bung Karno harus melakukan penyamaran dan berpindah-pindah tempat. 

Salah satu tempat yang paling aman buat Bung Karno adalah di kediamannya Dokter Soeharto di Jalan Kramat Raya yang sekarang menjadi apotek. 

Tokoh nasional Mohammad Guntur Soekarnoputra mendukung Dokter Soeharto, dokter pribadi Bung Karno dan Moh Hatta layak menjadi pahlawan nasional. Dia menganggap jasa dr Soeharto sangat besar, terutama terhadap Proklamator Kemerdekaan RI Bung Karno.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News