PDIP Dukung Dokter Soeharto Menjadi Pahlawan Nasional

Berjasa Besar bagi Negara dan Bung Karno

PDIP Dukung Dokter Soeharto Menjadi Pahlawan Nasional
Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dalam Seminar Nasional Pengusulan Calon Pahlawan Nasional yang diadakan secara hybrid, Selasa (22/2). Tangkapan layar Zoom

jpnn.com, JAKARTA - Dewan Pimpinan Pusat Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (DPP PDIP) mendukung pengusulan Dokter Soeharto, dokter pribadi Proklamator Kemerdekaan RI Soekarno dan Mohammad Hatta, menjadi pahlawan nasional.

PDIP menganggap Dokter Soeharto berjasa bagi negara dan Bung Karno.

"Dari Ibu Megawati Soekarnoputri (Ketua Umum PDI Perjuangan) secara khusus memberikan dukungan sepenuhnya atas upaya untuk memperjuangan dokter Soeharto sebagai pahlawan nasional kita,” kata Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto dalam seminar nasional “Pengusulan Calon Pahlawan Nasional” yang diadakan secara hybrid, Selasa (22/2).

Anak buah Megawati Soekarnoputri di PDI Perjuangan itu mengatakan bahwa keteladanan dari Dokter Soeharto sangat luar biasa, meskipun selama ini banyak tidak terungkap ke publik. 

“Itu karena beliau memang sosok yang rendah hati, dipercaya oleh Bung Karno menjadi dokter pribadi, pengawal, utusan khusus hingga menjalankan berbagai jabatan strategis,” ungkap Hasto.

Menurut pria yang juga menjabat sebagai pengarah Badan Penelitian dan Pengembangan PDIP itu, Soeharto bukan hanya sebagai dokter keluarga, tetapi juga tokoh pejuang kemerdekaan dan pemimpin negarawan.

"Teman diskusi dan sering menjalankan tugas-tugas rahasia dari Bung Karno. Kepeloporannya dalam perjuangan kemerdekaan tidak perlu diragukan lagi sejak Jong Java, Jong Ambon,” katanya. 

Kemudian, lanjut dia,  Dokter Soeharto juga sebagai sebagai pelaku sejarah di Indonesia Club, ikut Sumpah Pemuda, dan pada pascakemerdekaan ketika Maklumat Nomor X dicanangkan. 

DPP PDI Perjuangan mendukung sepenuhnya pengusulan dokter pribadi Soekarno dan Mohammad Hatta, yakni dr Soeharto menjadi pahlawan nasional. PDIP mengungkap sejumlah alasan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News