Gunung Ciremai Memang Sudah Dilelang

Gunung Ciremai Memang Sudah Dilelang
Gunung Ciremai Memang Sudah Dilelang

jpnn.com - KUNINGAN -  Berita soal penjualan Gunung Ciremai menjadi topik terhangat di berbagai media, baik lokal maupun nasional. Ternyata, informasi itu bukanlah isapan jempol.

Sekda Kuningan Drs H Yosep Setiawan MSi mengakui telah dilakukan lelang pengelolaan panas bumi Gunung Ciremai, dan pemenangnya  adalah perusahaan minyak asal Amerika Serikat (AS), Chevron Geothermal Indonesia Ltd.

Menurut Yosep, kewenangan pengelolaan panas bumi di Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) Gunung Ciremai merupakan wewenang Pemprov Jabar karena lokasi WKP terletak di lintas kabupaten, yakni Majalengka dan Kuningan. Hal ini, lanjutnya, sesuai dengan UU No 27 tahun 2003 tentang panas bumi yang isinya; bahwa pengelolaan panas bumi yang berlokasi di lintas kabupaten merupakan kewenangan pemprov.  

Mengenai proses pengelolaan, kata mantan Kepala Bappeda ini, dilakukan melalui beberapa tahapan yakni inventarisasi dan penyusunan neraca sumber daya dan cadangan panas bumi oleh Dinas ESDM Pemprov Jabar sesuai kewenangannya. Proses itu  telah dilakukan pada tahun 2006 dan dilanjutkan pada tahun 2010.

Kemudian, penyusunan batas WKP Panas Bumi Gunung Ciremai dilakukan bersama-sama oleh kementerian ESDM RI, Pemprov Jabar, Pemkab Kuningan, Pemkab Majalengka dan Badan Taman Nasional Gunung Ciremai. Kesemuanya sudah dilakukan pada tahun 2010.

Lalu, penetapan WKP oleh Menteri ESDM RI dengan 1153 K/30/MEM/2011 sebesar 150 Mwe sebagai dasar perhitungan penawaran. Tahap berikutnya,  pelelangan WKP dilakukan panitia lelang berdasarkan Surat Gubernur Prov Jabar No 540/Kep.1269-Dis ASDM/2011 tanggal 4 Oktober 2011 tentang paniti lelang WKP.

Diterangkan, penitia lelang tersebut beranggotakan unsur Kementerian ESDM RI, Pemprov Jabar, Pemkab Kuningan, Majalengka dengan Panitia Lelang Kepala Dinas ESDM Jabar yang diikuti PT Kitay dari Turki dan PT Jasa Daya Chevron (Amerika). Ternyata, pemenang lelang adalah Chevron karena penawaran paling tinggi yakni 9,7 Cent US$/kWh.

“Penetapan pemenang masih sesuai dengan peraturan Menteri ESDM No 02 tahun 2011,” jelas Yosep didampingi Kabag Humas Setda Kuningan Asep Budi Setiawan.

KUNINGAN -  Berita soal penjualan Gunung Ciremai menjadi topik terhangat di berbagai media, baik lokal maupun nasional. Ternyata, informasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News