Gunung Raung Keluarkan Asap Kecoklatan

Gunung Raung Keluarkan Asap Kecoklatan
Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho. Foto: dok.JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Bukan hanya Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumut, yang terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Gunung Raung yang masuk wilayah Kabupaten Jember, Banyuwangi, dan Bondowoso, Jawa Timur, juga mulai menggeliat.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, dengan meningkatnya aktivitas Gunung Raung, Maka PVMBG Badan Geologi telah menaikkan status dari normal (level I) menjadi waspada (level II) terhitung sejak 5 Januari 2014 pukul 14:00 Wib.  

"Kenaikan status menjadi waspada dikarenakan sejak tanggal 4 Januari 2014 ada peningkatan gempa hembusan dan perubahan asap menjadi putih kecoklatan. Ancaman saat ini hanya di sekitar kawah," terang Sutopo dalam keterangan persnya, Minggu (5/1).

BNPB merekomendasikan agar masyarakat/pendaki tidak mendekati kawah, dalam radius 2 km dari pusat kawah.

Dijelaskan, dari 127 gunungapi aktif di Indonesia hingga saat ini tercatat satu status Awas (level IV) yaitu Gunung Sinabung sejak 24 November 2013 hingga sekarang. Tiga gunung status Siaga (level III) yaitu Gunung Karangetang, Gunung Lokon dan Gunung Rokatenda. Enam gunung status Waspada (level II) yaitu Gunung Raung, Gunung Ibu, Gunung Lewotobi Perempuan, Gunung Ijen, Gunung Gamkonora, dan Gunung Soputan.

"Tipe letusan gunungapi bersifat slow onset sehingga antisipasi dan evakuasi dapat dilakukan sebelumnya," kata Sutopo.

Gunungapi, lanjutnya, tidak meletus tiba-tiba tetapi selalu disertai dengan adanya tanda-tanda sehingga status gunungpun dapat ditetapkan peningkatan statusnya.(sam/jpnn)

 


JAKARTA - Bukan hanya Gunung Sinabung di Tanah Karo, Sumut, yang terus menunjukkan peningkatan aktivitasnya. Gunung Raung yang masuk wilayah Kabupaten


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News