Gunung Sinabung Erupsi, Masyarakat Tidak Ada yang Mengungsi

Gunung Sinabung Erupsi, Masyarakat Tidak Ada yang Mengungsi
Erupsi Gunung Sinabung, Kabupaten Karo. Foto: ANTARA/HO

jpnn.com, MEDAN - Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memastikan masyarakat tidak ada yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

"Selama dua kali terjadinya erupsi Sinabung, tidak ada warga maupun petani diungsikan ke tempat yang cukup aman," ujar Plt BPBD Kabupaten Karo Natanail Perangin Angin dihubungi dari Medan, Senin.

Ia menyebutkan warga tidak perlu dipindahkan ke lokasi yang aman, karena erupsi Gunung Sinabung itu jauh lokasinya dari permukiman masyarakat.

"Erupsi Sinabung itu berada di kawasan zona merah (zona larangan) dan warga sudah lama meninggalkan lokasi tersebut," ujarnya.

Natanail menyebutkan yang perlu dikhawatirkan terhadap warga maupun petani adalah jika mereka memasuki areal zona merah ketika terjadinya erupsi.

Karena selama ini ada saja warga/petani yang berbuat nekat menerobos masuk ke kawasan zona merah untuk melihat kebun mereka.

Padahal rumah dan perkebunan milik masyarakat yang berada di zona merah itu, sudah lama mereka tinggalkan (tidak dikelola lagi).

"Pemerintah juga melarang masyarakat untuk tinggal di kawasan zona merah tersebut demi keselamatan jika terjadi erupsi Gunung Sinabung," katanya.

BPBD Kabupaten Karo, Sumatera Utara, memastikan masyarakat tidak ada yang mengungsi akibat erupsi Gunung Sinabung.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News