Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Lagi, Status Berada di Level I

Gunung Tangkuban Parahu Erupsi Lagi, Status Berada di Level I
Gunung Tangkuban Parahu erupsi lagi, Kamis (1/8) malam. Foto: dok. Istimewa/JPC

jpnn.com, BANDUNG BARAT - Gunung Tangkuban Parahu di Bandung Barat, Jawa Barat, kembali mengalami erupsi, Kamis (1/8) pukul 20.46 WIB.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Kasbani mengatakan, dari Pos Pengamatan Gunung Tangkuban Parahu, tinggi kolom abu teramati lebih kurang 180 meter dari dasar kawah.

“Atau kurang lebih 2.084 meter di atas permukaan laut,” katanya dalam keterangan tertulis, Kamis (1/8) malam.

Sedangkan kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tebal condong ke arah utara dan timur. “Erupsi ini terekam di seismogram dengan amplitudo maksimum 50 mm dan durasi lebih kurang 11 menit 23 detik,” katanya.

BACA JUGA: TWA Tangkuban Parahu Masih Ditutup untuk Wisatawan

Saat ini, PVMBG menegaskan bahwa status Gunung Tangkuban Parahu berada di Level I alias normal. Kendati demikian, pihaknya mengimbau masyarakat, pengunjung, wisatawan atau para pendaki agar tidak mendekati kawah yang ada di puncak gunung.

“Dalam radius 500 meter dari kawah aktif atau sekitaran sepanjang area parkir bibir kawah dan tempat berdagang,” imbaunya.

Selain itu, masyarakat juga agar tetap mewaspadai meningkatnya konsentrasi gas-gas vulkanik dan diimbau tidak berlama-lama berada di sekitar kawah aktif.

PVMBG memastikan bahwa saat ini status Gunung Tangkuban Parahu berada di Level I alias normal.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News