Guru Besar FKM UI: Kebakaran di Museum Nasional Seharusnya Tidak Berdampak Besar

Guru Besar FKM UI: Kebakaran di Museum Nasional Seharusnya Tidak Berdampak Besar
Tangkapan layar situasi kebakaran di Museum Nasional atau Museum Gajah yang terletak di Jalan Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat pada Sabtu (ANTARA/Humas JakFire)

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia (FKM UI) Prof Fatma Lestari mengatakan kebakaran di Museum Nasional seharusnya tidak berdampak besar.

Dia mengatakan kerugian akibat dari kebakaran dapat dikurangi, bahkan potensi kebakaran pun bisa dikurangi.

"Salah satunya dengan melakukan mitigasi pencegahan agar tidak terjadi kebakaran khususnya di objek vital nasional seperti Museum Nasional," kata dia dalam keterangan, Jumat.

Fatma Lestari mengatakan tahap pertama ialah implementasi fire safety atau keselamatan kebakaran.

Di antara yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan identifikasi risiko kebakaran serta apa saja yang mungkin terjadi di objek vital nasional tersebut.

Kemudian yang kedua adalah mengkaji risiko K3 (keselamatan dan kesehatan kerja) untuk mengetahui area mana yang merupakan gap atau harus diimprovisasi.

"Salah satu yang dapat dilakukan adalah mulai dari pengecekan alat deteksi api/ smoke detector," katanya.

Ketiga adalah adanya sistem proteksi kebakaran. Sistem proteksi kebakaran aktif merupakan salah satu hal yang harus ada di dalamnya dan yang akan mengantisipasi ketika terjadi kebakaran. Kemudian juga sistem proteksi untuk pemadaman kebakaran.

Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) UI Prof Fatma Lestari mengatakan kebakaran di Museum Nasional seharusnya tidak berdampak besar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News