Guru Besar FKUI Bantah Corona Menular lewat Udara, Kalau Menguap?

Guru Besar FKUI Bantah Corona Menular lewat Udara, Kalau Menguap?
Ilustrasi wabah corona. Foto: pixabay

jpnn.com, JAKARTA - Prof. Dr. dr. H. Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, MMB, FINASIM, FACP membantah kabar yang menyebut penularan virus corona jenis baru (COVID-19) bisa melalui udara atau airborne.

Guru besar Departemen Ilmu Penyakit Dalam FKUI-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo itu mengatakan, hingga saat ini penularan virus corona melalui udara belum terbukti secara ilmiah.

"Enggak itu hoaks, jadi sampai saat ini bahwa belum ada pembuktian bahwa dia (virus) airborne atau ada di udara, tapi ketika misalnya dia ngomong atau droplets-nya lepas, iya," kata dr. Ari kepada Antara, Minggu.

dr. Ari menerangkan penularan melalui udara dapat terjadi, misal jika seorang pasien positif melakukan perawatan di dokter gigi.

Ketika giginya dibor, maka droplets akan terbang ke udara dan terhirup oleh sang dokter atau perawat yang berada dekat dengan sang pasien.

"Atau yang kita bisa bilang dia bekerja sebagai dokter gigi, waktu lagi ngebor, itu bisa aja yang kita bilang udaranya aerosol itu bisa menularkan. Artinya kita benar-benar ada di depan mulutnya, istilahnya saat dokter gigi bekerja lah kira-kira begitu," jelas dr. Ari.

"Tapi kalau kita jauh justru droplets-nya, bukan udaranya. Tapi kalau dokter gigi bekerja, dia bisa ketularan ya karena itu tadi. Kalau dia enggak pakai masker misalnya," lanjutnya.

Sampai saat ini, penularan virus corona masih tetap melalui droplets yang menempel pada tangan atau permukaan lainnya.

Guru Besar FKUI Prof Ari Fahrial Syam membantah kabar virus corona jenis baru (COVID-19) bisa menular melalui udara atau airborne.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News