Guru Besar FTUI Sorot Peran Penting Teknologi Radio Frequency bagi Kesejahteraan

Guru Besar FTUI Sorot Peran Penting Teknologi Radio Frequency bagi Kesejahteraan
Pengukuhan Profesor Gunawan Wibisono dikukuhkan sebagai Guru Besar Tetap dalam Bidang Ilmu Divais Sistem Telekomunikasi, Fakultas Teknik (FT), Universitas Indonesia (UI). Foto: dokumentasi UI

jpnn.com, JAKARTA - Profesor Gunawan Wibisono dikukuhkan sebagai guru besar tetap dalam bidang ilmu divais sistem telekomunikasi Fakultas Teknik (FT) Universitas Indonesia (UI), setelah menyampaikan orasi ilmiah “Peranan Teknologi Komunikasi Radio Frequency untuk Kesejahteraan”.

Gunawan menyebutkan bahwa kelahiran teknologi bergerak 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G membutuhkan perangkat radio frequency (RF) pemancar dan penerima (transceiver).

Hal itu memungkinkan perangkat gawai pengguna bisa berkomunikasi dengan user lain melalui keberadaan perangkat operator telekomunikasi berupa perangkat base transceiver station (BTS).

Agar dapat beroperasi, perangkat RF tersebut dirancang menggunakan konsep multiband dan konsep resonator supaya dapat bekerja sesuai dengan frekuensi yang dijalankan.

Perangkat komunikasi bergerak dapat dibagi dalam 3 bentuk, yakni objek untuk ditingkatkan kinerjanya, pengembang dengan menggunakan perangkat untuk membantu kerja sistem internet of things (IoT), serta pengguna perangkat.

Gunawan menyebutkan bahwa IoT adalah konsep yang menghubungkan semua perangkat ke internet dan memungkinkan perangkat IoT berkomunikasi satu sama lain melalui internet.

“Dengan perangkat tersebut, masyarakat dapat berinteraksi melalui gawai dari jarak jauh,” ucap Gunawan, dikutip dari keterangan tertulis, Jumat (3/11).

Menurut Gunawan, pemanfaatan teknologi IoT memberikan efisiensi yang besar karena bertumpu pada konektivitas sebagai enabler komunikasi dari device atau sensor pada perangkat elektronik.

Gunawan menyebutkan bahwa kelahiran teknologi bergerak 1G, 2G, 3G, 4G, dan 5G membutuhkan perangkat radio frequency (RF) pemancar dan penerima

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News