Guru Diminta Jangan Malas meski Honor Dipangkas

Guru Diminta Jangan Malas meski Honor Dipangkas
Guru sedang mengajar di kelas. Foto: Miftah/dok.JPNN.com

jpnn.com - MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Makassar, Ismunandar mengatakan, pada 2017 dana yang biasanya untuk pendidikan gratis akan dialihkan menjadi dana subsidi.

Subsidi tersebut bukan untuk guru, melainkan subsidi pendidikan bagi pelajar tidak mampu.

Apabila itu diberlakukan, maka honor tambahan jam mengajar guru sebesar Rp 2.500 per jam akan dihapuskan. Baik guru negeri maupun swasta. 

"Kita masih bahas soal ini. Besaran dana subsidi dan apa saja biaya yang disubsidi pemerintah. Yang jelas ini hanya untuk siswa miskin saja," ungkapnya, seperti diberitakan FAJAR (Jawa Pos Group).

Manajer Dana Pendidikan Gratis Disdikbud Makassar, Syamsuddin mengatakan, saat ini saja pembagian kelebihan jam mengajar sudah diatur. 

Jika memang dihilangkan pasti akan cukup berdampak, utamanya bagi guru honor. 

Khusus untuk guru PNS, total kelebihan jam mengajar per pekannya dibayarkan melalui dana gratis. Kelebihannya pun bervariasi, ada yang hanya dua jam per pekan, bahkan melebihi 10 jam.

Khusus guru honor, dibagi dua kelompok. Untuk honorer belum tersertifikasi, jam mengajar secara full dibayar dari dana gratis. 

MAKASSAR – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Makassar, Ismunandar mengatakan, pada 2017 dana yang biasanya untuk pendidikan gratis akan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News