Guru Honorer Berdemonstrasi, 3 Pimpinan Komisi X DPR Turun Tangan

Guru Honorer Berdemonstrasi, 3 Pimpinan Komisi X DPR Turun Tangan
Pengurus FGHNLPSI diterima para pimpinan Komisi X DPR RI. Foto: dokumentasi FGHNLPSI for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan guru honorer berdemo di depan gedung DPR RI pada Kamis, 27 Januari 2022.

Aksi jilid 5 yang digelar Forum Guru Honorer Negeri Lulus Passing Grade Seluruh Indonesia (FGHNLPSI) ini diterima langsung para pimpinan Komisi X DPR RI.

Mereka adalah Syaiful Huda (ketua), Dede Yusuf dan Abdul Fikri Faqih masing-masing wakil ketua. Ditambah M. Nur Purnamasidi, anggota Komisi X dari Fraksi Partai Golkar.

"Saya tahu demo ini terpaksa dilakukan guru honorer makanya mereka langsung kami terima pukul 11.00 WIB. Kami tidak ingin lama-lama di bawah terik matahari," kata Syaiful kepada JPNN.com, Kamis (27/1).

Dalam pertemuan tersebut, FGHNLPSI yang diketuai Heti Kustrianingsih menyampaikan empat tuntutan, yaitu:

1. Guru honorer di sekolah negeri yang telah mengikuti tes dan lulus passing grade 2021 tidak perlu mengikuti tes kembali dan langsung diberikan formasi serta ditempatkan.

2. Seleksi guru PPPK tahap ketiga jangan dilaksanakan dulu sebelum permasalahan ini (guru honorer di sekolah negeri yang lulus passing grade) dituntaskan dan mendapat kepastian hukum.

3. Agar tidak ada PHK terhadap guru honorer di sekolah negeri yang telah mengikuti tes dan lulus passing grade pada 2021, tetapi tidak lolos formasi PPPK. 

Aksi demonstrasi guru honorer negeri jilid 5 diterima langsung tiga pimpinan komisi X DPR dan mendengarkan tuntutan para pendemo.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News