Gus Ami Terima Dukungan Apindo untuk Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Gus Ami Terima Dukungan Apindo untuk Pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual
Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI menerima dukungan dari Apindo dan Serikat buruh terkait Rancangan Undang-undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS), Jumat, 30 April 2021. Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus Ami menerima pernyataan komitmen dari Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) dan sejumlah serikat buruh yang mendukung pengesahan Rancangan Undang-Undang Penghapusan Kekerasan Seksual (RUU PKS).

Pernyataan komitmen itu ditandatangani sekaligus dihadiri Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani, Ketua Umum KSPSI Andi Gani, Ketua Umum KSPSI Yorrys Raweyai, Presiden KSPN Ristadi, Presiden KSBSI Elly Rosita Silaban, Presiden KSARBUMUSI Saiful Bahri Anshori, dan Presiden KSP BUMN Ahmad Irfan Nasution.

Gus Ami mengatakan komitmen Apindo bersama para serikat buruh menjadi penguat betapa penting dan urgennya RUU PKS segera disahkan menjadi UU.

"Ini luar biasa, karena dukungan terhadap RUU PKS yang sedang dibahas di badan legislasi bukan (hanya) dari aktivis perempuan, tetapi para pejuang aktivis buruh, pengusaha yang bersatu," kata Gus AMI, Jumat (30/4).

Kehadiran Apindo dan sejumlah serikat buruh di ruang kerja Gus Ami sekaligus menjadi kado peringatan Hari Buruh Internasional 1 Mei 2021. Mereka menilai menyatakan RUU PKS dapat menjadi instrumen pencegahan terhadap pelecehan dan kekerasan seksual di tempat kerja.

Gus Ami memastikan saat ini perdebatan terkait RUU PKS hampir tidak ada lagi. Semua pihak mulai memahami dan bersatu bahwa kekerasan seksual tidak dapat dibenarkan, baik dalam nilai agama, termasuk di dunia kerja.

"Ini menarik bahwa saat ini semua pihak sudah mulai mendukung. Kesalahpahaman cara pandang adalah yang biasa," ucap Gus Ami.

Ketua Umum PKB juga juga mengapresiasi inisiatif Menaker Ida Fauziyah mengajak Apindo serta sejumlah serikat buruh untuk bersatu menyukseskan RUU PKS.

Gus Ami akan segera menyampaikan dukungan Apindo dan serikat pekerja terhadap pengesahan RUU PKS.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News