Gus Choi Tuding Pemerintah Jadi Agen Asing

Gus Choi Tuding Pemerintah Jadi Agen Asing
Gus Choi Tuding Pemerintah Jadi Agen Asing
JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Effendy Choirie menuding pemerintah tidak hanya sekedar menjadi fasilitator kepmntingan asing di Indonesia. Menurutnya, posisi pemerintah saat ini sudah dalam posisi agen asing.

"Pemerintah sudah jadi agen asing, bukan lagi sebatas fasilitator asing. Tapi agen asing yang sudah merugikan tanah airnya," kata Effendy Choirie dalam diskusi tentang di press room DPR, Senayan Jakarta, Rabu (20/7).

Sebagai contoh, politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menyebut sekitar 90 persen lembaga keuangan dan perbankan di Indonesia sudah diserahkan ke asing. "90 persen lembaga keuangan dan perbankan Indonesia sudah diserahkan dan dikuasai asing dengan berbagai kebijakan yang mereka keluarkan. Belum lagi soal kebijakan energi, pangan dan telekomunikasi. Semua di bawah kendali asing," kata dia.

Bahkan inisiator hak angket pajak DPR itu juga menyebut ada sekitar 14 perusahaan asing yang terdeteksi tidak membayar pajak malah dilindungi oleh pejabat penting di negeri ini. "Dalam konteks perusahaan asing yang tidak membayar pajak ini, maka semakin relevan dan kontekstual hak angket pajak kembali diapungkan," desaknya.

JAKARTA - Anggota Komisi I DPR, Effendy Choirie menuding pemerintah tidak hanya sekedar menjadi fasilitator kepmntingan asing di Indonesia. Menurutnya,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News