Gus Dur Puji Kesuksesan Program KB Orba

Gus Dur Puji Kesuksesan Program KB Orba
Gus Dur Puji Kesuksesan Program KB Orba
JAKARTA - Di tengah kontroversi wacana penetapan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlawan nasional, Gus Dur menyampaikan apresiasinya. Gus Dur yang juga mantan presiden itu memuji kesuksesan tokoh sentral Orde Baru tersebut dalam menjalankan program keluarga berencana (KB) yang dicanangkan mulai 1970.

''Soeharto mampu menekan laju pertumbuhan penduduk sampai 1,6 persen,'' kata Gus Dur ketika membuka seminar Kultur, Gender, and Human Right yang diprakarsai PP Fatayat NU dan UNFPA di Hotel Millennium, Jakarta Pusat, Rabu (12/11).

Menurut dia, program KB telah membawa makna positif. Setidaknya mendorong keluarga-keluarga di Indonesia membuat perencanaan yang matang mengenai jumlah anak mereka. Nahdlatul Ulama, kata Gus Dur, menerima program KB sejak 1975. ''Ketika itu, Rais Aam PB NU (alm) KH Bisri Syamsuri ngumpulin kiai-kiai di Denanyar, Jawa Timur, untuk membahas program KB dan bersedia menerimanya. Makanya, NU sudah lebih maju,'' ujarnya.

''Jadi, kalau sekarang ini masih ada seminar gender dan human right begini, ya sudah ketinggalan,'' canda Gus Dur yang juga mantan presiden keempat tersebut.

JAKARTA - Di tengah kontroversi wacana penetapan mantan Presiden Soeharto sebagai pahlawan nasional, Gus Dur menyampaikan apresiasinya. Gus Dur yang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News