Gus Halim: Capaian Ini Sungguh Luar Biasa

Gus Halim: Capaian Ini Sungguh Luar Biasa
Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat Apel Pagi di lingkungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin (4/10/2021). Foto: Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Upaya pengendalian pandemi Covid-19 di tanah air terus menunjukkan hasil menggembirakan. Kendati demikian upaya mencapai kekebalan kelompok (Herd Immunity) harus tetap dikejar. Salah satunya dengan memastikan 70 persen warga desa mendapat vaksin Covid-19 dosis kedua.

“Kuncinya (menurunkan kasus Covid-19) ada dua kata Pak Presiden, yang pertama pakai masker dan kedua percepatan vaksinasi sehingga herd immunity menjadi target utama. Kami berharap seluruh warga desa minimal 70 persen menjadi sasaran vaksinasi dan tuntas dengan mendapatkan dua dosis,” ujar Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar saat Apel Pagi di lingkungan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Senin (4/10/2021).

Gus Halim-sapaan akrab Abdul Halim Iskandar-mengatakan penurunan kasus positif, kasus aktif, hingga turunnya tingkat keterisian tempat tidur (bed occupancy rate) rumah sakit rujukan Covid-19 dalam dua bulan terakhir patut disyukuri.

Menurut Gus Halim, capaian ini sungguh luar biasa, mengingat banyak negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia justru mengalami kenaikan angka kasus harian Covid-19.

"Hari ini alhamdulillah kita bersyukur, kondisi kesehatan bangsa kita semakin membaik, angka Covid makin menurun dan tentu tidak ada cara lain dari kita selain terus berikhtiar agar kondisi yang sudah makin baik ini jangan sampai kemudian naik lagi," ujarnya.

Dia meminta serbuan vaksinasi harus terus digenjot ke pelosok-pelosok desa di Indonesia. Para pendamping desa harus bekerja sama dengan kepala desa untuk meyakinkan seluruh warga agar mau menerima vaksin Covid-19. Pemberian vaksin akan mempercepat pemulihan Kesehatan sehingga aktivitas ekonomi bisa berjalan lebih cepat.

“Masih banyak stigma negatif terkait vaksin di kalangan warga sehingga mereka takut menerima vaksin. Ini menjadi tugas pendamping desa dan kepala desa untuk meyakinkan mereka jika vaksin aman dan halal,” katanya.

Gus Halim juga berharap para pegawai di lingkungan Kemendes PDTT termasuk para pendamping desa bisa menjadi role model untuk hidup sehat di tengah pandemi. Ketaatan terhadap protokol Kesehatan seperti disiplin memakai masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan saat beraktivitas di ruang publik harus menjadi kebiasaan.

Menurut Gus Halim, capaian ini sungguh luar biasa, mengingat banyak negara-negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia justru mengalami kenaikan angka kasus harian Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News