Gus Imin Pastikan Komitmen PKB Tuntaskan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual

Gus Imin Pastikan Komitmen PKB Tuntaskan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual
Ketua PKB Muhaimin Iskandar menerima kunjungan para aktivis perempuan. Foto: dpp pkb for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar atau Gus Imin menegaskan partainya berkomitmen merampungkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Penghapusan Kekerasan Seksual tahun ini.

"PKB berusaha sekuat tenaga menuntaskan RUU kekerasan tersebut tahun ini. Fenomena kekerasan seksual sudah sangat meresahkan," ujarnya di kantor DPP PKB, Rabu (4/9).

Gus Imin mengungkap hal tersebut saat dikunjungi belasan aktivis perempuan dari berbagai organisasi perempuan seperti Komnas Perempuan, LBH APIK Jakarta, Jaringan Kerja Prolegnas Pro Perempuan (JKP3), Forum Pengadaan Layanan, Pengacara Publik dan Fatayat NU.

BACA JUGA: Hindari Tabrakan RUU PKS dan RUU KUHP

Gus Imin mengaku telah memerintahkan kadernya yang duduk di Komisi VIII DPR RI untuk terus mengawal RUU tersebut sampai selesai dan melakukan pendekatan kepada fraksi lain.

"Posisi PKB saat ini adalah berupaya merangkul dan meyakinkan seluruh temen-teman fraksi di DPR RI. Terutama kepada fraksi-fraksi yang terlanjur gengsi supaya bisa mengesahkan RUU tersebut," katanya.

Gus Imin meyakini seluruh fraksi di DPR mafhum kalau RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sangat penting bagi para korban. RUU itu nantinya bakal membuka akses yang cukup bagi korban kekerasan seksual untuk mencari keadilan.

"Sekali lagi, bagi PKB RUU ini penting untuk segera disahkan. Kami ingin subtansinya terleksana. Tidak penting pencitraan. Semua pihak harus bisa melihat bahwa bahaya kekerasan seksual di Tanah Air sangat menakutkan," ucapnya.

Gus Imin meyakini seluruh fraksi di DPR mafhum kalau RUU Penghapusan Kekerasan Seksual sangat penting bagi para korban

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News