Gus Ipul Bilang, Peluang PKB Koalisi dengan PDIP Cukup Besar

Gus Ipul Bilang, Peluang PKB Koalisi dengan PDIP Cukup Besar
Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf (kanan) dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Foto: source for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Saifullah Yusuf alias Gus Ipul mengatakan, peluang PKB berkoalisi dengan PDIP di Pilgub Jatim 2018 cukup besar.

Namun, dia menyerahkan urusan perkoalian kepada PKB sebagai partai pengusung dirinya.

”Potensi koalisi PDIP sangat besar. Komunikasi sudah dilakukan di tingkat elite partai meskipun masih informal. Soal hasilnya, saya belum tahu,” jelas mantan menteri percepatan pembangunan daerah tertinggal itu kemarin (10/9).

DPW PKB Jatim melakukan deklarasi pemenangan Saifullah Yusuf alias Gus Ipul pada Pilgub Jatim 2018 di The Square Ballroom ICBC Center, Surabaya, kemarin.

PKB dan PDIP menjadi partai terbesar di Jatim. PKB memiliki 20 kursi dan PDIP 19 kursi. Dua partai itu sudah lebih dari cukup untuk mengusung Gus Ipul.

Sebab, syarat pengajuan calon adalah 20 kursi di DPRD Jatim. Gus Ipul juga sudah berkomunikasi dengan seluruh partai lainnya. Hanya, belum ada dukungan resmi yang muncul.

Dukungan dari DPW PKB membuat Gus Ipul selangkah lebih maju dari salah seorang pesaingnya, Khofifah Indar Parawansa. Ketua Muslimat NU tersebut hingga kini belum mendapat kendaraan partai.

Namun, pada beberapa pertemuan, Khofifah menyampaikan bahwa dirinya sudah berkomunikasi dengan sejumlah partai.

Jika PKB berkoalisi dengan PDIP, maka dua partai itu sudah lebih dari cukup memenuhi syarat mengusung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News