JPNN.com

Gus Jazil: Semua Pihak Harus Berperan Menguatkan Pesisir dan Pulau Kecil

Jumat, 10 Juli 2020 – 14:21 WIB
Gus Jazil: Semua Pihak Harus Berperan Menguatkan Pesisir dan Pulau Kecil - JPNN.com
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid. Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Sekolah Tinggi Ilmu Sains (STIS) Mambaul Falah Bawean, Kabupaten Gresik, Jawa Timur bekerja sama dengan Universitas Mataram, Nusa Tenggara Barat, menggelar webinar bertema Revitalisasi Pemberdayaan Masyarakat Hukum Adat Pesisir dan Pulau Kecil di Indonesia.

Hadir sebagai pembicara dalam webinar, Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid, Rektor Unisma Malang sekaligus Ketua Forum Rektor PTNU Prof Dr Maskuri, Wakil Ketua I STIS Mambaul Falah Angky Soedrijanto, dan Dirjen Pengelolaan Ruang Laut KKP Aryo Anggono.

Dalam talkshow secara online tersebut, Jazilul Fawaid yang akrab disapa Gus Jazil mengungkapkan bahwa negeri ini sebenarnya sudah banyak memiliki peraturan yang mengatur soal pesisir dan pulau-pulau kecil.

Peraturan itu seperti Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-Pulau Kecil serta ada Undang-Undang Kelautan.

“Selain itu, Rancangan Undang-Undang Daerah Kepulauan juga sedang dibahas DPR dan menjadi Program Legislasi Nasional (Prolegnas) Prioritas 2020,” ujar politikus asal PKB itu.

Dari aturan-aturan yang ada, menurut pria asal Pulau Bawean itu, paling penting adalah implementasinya.

“Implementasi penting sehingga masyarakat harus dibina agar memiliki kemampuan melahirkan sumber daya yang unggul di daerah pesisir atau kepulauan,” ujarnya.

Koordinator Nasional Nusantara Mengaji itu menegaskan webinar yang digelar perlu ditindaklanjuti secara serius supaya benar-benar ada pengembangan pulau-pulau kecil agar masyarakat atau komunitas yang berkembang di wilayah pesisir dan pulau kecil berdaya.

Sebagai putra asli Bawean, Gus Jazil paham betul kondisi pulau Bawean.

Pulau Bawean merupakan salah satu pulau kecil. “Tingkat ekonomi masyarakat Bawean termasuk juga nelayan belum memiliki keunggulan untuk mengelola sumber daya yang ada,” ucapnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adek