Gus Menteri Berharap Program Transmigrasi Dibarengi Modernisasi

Puncak Peringatan HBT ke-70 di Mamuju

Gus Menteri Berharap Program Transmigrasi Dibarengi Modernisasi
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memimpin upacara puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi ke-70 di Mamuju, Sulbar. Foto: Humas Kemendes PDTT.

jpnn.com, MAMUJU - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar puncak peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) Ke-70.

Peringatan HBT ke-70 bertema "Revitalisasi dan Modernisasi Transmigrasi Mendukung Ketahanan Pangan Nasional", itu digelar di halaman kantor gubernur Sulawesi Barat, Sabtu (12/12).

Untuk tahun ini, agenda tahunan yang dilaksanakan setiap 12 Desember, itu berbeda karena harus dilakukan sederhana dan protokol kesehatan yang ketat.

Namun, semua itu tak mengurangi hikmat acara yang dipimpin Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar, selaku inspektur upacara tersebut.

Dalam arahannya, Menteri Halim mengatakan puncak peringatan yang digelar di Mamuju, ini merupakan momentum refleksi bersama sebagai kemajuan, kebangkitan, serta kemaslahatan Indonesia, khususnya warga transmigran yang tersebar di beberapa pulau di nusantara.

Sosok yang karib disapa Gus Menteri, itu menegaskan bahwa upacara ini tak hanya menjadi rutinitas tahunan dan sebatas seremonial belaka.

"Namun, juga bagian dari aktivitas penghormatan, penghargaan, serta apresiasi kita terhadap para pelaku tokoh transmigrasi. Selain itu, kontribusi positif dari program transmigrasi yakni membuka keterisolasian daerah tertinggal," ungkap doktor honoris causa dari Universitas Negeri Yogyakarta ini.

Ia menjelaskan sebanyak 3.606 satuan permukiman dari 619 kawasan transmigrasi telah terbangun. Salah satunya Provinsi Sulawesi Barat, yang lahir dari lokasi transmigrasi. Sebab, Mamuju juga termasuk pionir dalam penempatan transmigrasi.

Gus Menteri turut bangga melihat perkembangan kawasan transmigrasi di Mamuju saat ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News