Gus Menteri Optimistis SDGs Desa Berkontribusi Besar bagi Pencapaian Nasional

Gus Menteri Optimistis SDGs Desa Berkontribusi Besar bagi Pencapaian Nasional
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar. Foto: Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar berbicara tentang tujuan pembangunan berkelanjutan atau SDGs sebagaimana amanat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 59 tahun 2017.

Gus Menteri -panggilan Mendes Abdul Halim Iskandar mengatakan pihaknya menjadikan SDGs tersebut sebagai dasar dalam pembangunan di pedesaan yang diarahkan ke SDGs Desa.

SDGs Desa itu sendiri merupakan pembangunan total atas desa yang mengarah pada 18 tujuan pembangunan berkelanjutan di desa. Hal ini diyakininya akan berkontribusi besar bagi pencapaian SDGs nasional yakni sebesar 74 persen.

Demikian disampaikan Gus Menteri Abdul Halim Iskandar di forum The International Telecommunication Union (ITU) yang membahas Kolaborasi antar-Sektoral untuk mendukung Kemajuan Digital menuju SDGs, secara virtual pada Senin (2/11).

"Kami melokalkan SDGs global ke dalam konteks desa agar memudahkan kampanye, implementasi di lapangan, dan pengorganisasian dari pusat ke desa. SDGs Desa diimplementasikan mulai 2021 sesuai dengan Permendes PDTT No 13/2020 tentang prioritas penggunaan dana desa 2021," kata Gus Menteri.

SDGs Desa berturut-turut mencakup tujuan Desa Tanpa Kemiskinan, Desa Tanpa Kelaparan, Desa Sehat dan Sejahtera, Pendidikan Desa Berkualitas, Keterlibatan Perempuan Desa, Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi.

Tujuan berikutnya adalah Desa Berenergi Bersih dan Terbarukan, Pertumbuhan Ekonomi Desa Merata, Infrastruktur dan Inovasi Desa sesuai Kebutuhan, Desa Tanpa Kesenjangan, Kawasan Permukiman Desa Aman dan Nyaman, Konsumsi dan Produksi Desa Sadar Lingkungan.

Kemudian, Desa Tanggap Perubahan Iklim, Desa Peduli Lingkungan Laut, Desa Peduli Lingkungan Darat. Lalu tujuan Desa Damai Berkeadilan, Kemitraan untuk Pembangunan Desa, Kelembagaan Desa Dinamis dan Budaya Desa Adaptif.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar melokalkan konsep SDGs demi pembangunan total di pedesaan mulai 2021.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News