Gus Menteri Sebut Hampir 100 Persen Desa Sudah Terima BLT DD

Gus Menteri Sebut Hampir 100 Persen Desa Sudah Terima BLT DD
Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar yang akrab disapa Gus Menteri. Foto: Humas Kemendes PDTT

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) terus menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD). Hingga saat ini, diklaim bahwa BLT itu telah tersalur di 99 persen desa, atau setara dengan 73.610 desa.

"BLT Dana Desa saat ini sudah mencapai 99 persen. Setara dengan 73.610 desa yang sudah menyalurkan BLT Dana Desa termin satu bulan pertama," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dalam konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (4/8).

Pria yang karib disapa Gus Menteri ini mengatakan, dari total 74.953 desa yang ada di seluruh Indonesia, 74.672 desa di antaranya dianggap potensial untuk menerima BLT Dana Desa. Sementara 281 desa lainnya dianggap tidak potensial karena ada desa-desa yang kemungkinan tidak menerima Dana Desa karena kondisi politik.

Lalu, ada juga desa yang tidak menyalurkan BLT Dana Desa karena kemungkinan warga miskinnya semuanya sudah mendapatkan jaring pengaman sosial lain sehingga tidak ada lagi yang dianggap berhak mendapatkan BLT Dana Desa.

Kemudian, dari total 74.672 desa yang potensial mendapatkan BLT Dana Desa tersebut, Mendes Halim mengatakan bahwa 73.610 desa atau 99 persen di antaranya telah menerima pencairan BLT Dana Desa. Sedangkan, 1.062 desa lainnya belum menerimanya.

Gus Menteri mengatakan belum tersalurnya BLT Dana Desa di 1.062 desa itu disebabkan oleh kendala geografis, yang sebagian besar berada di Provinsi Papua.

Sementara itu, total keluarga yang menerima manfaat (KPM) BLT Dana Desa adalah sebanyak 7.883.073 KPM, dengan 31 persen di antaranya, atau setara dengan 2.598.386 KPM, adalah perempuan kepala keluarga (PEKKA).

Adapun, jika didasarkan pada jenis pekerjaan tiap-tiap KPM, maka total 7.883 073 KPM BLT Dana Desa tersebut terdiri dari 6.946.133 KPM atau 88 persen di antaranya berprofesi sebagai petani dan buruh tani.

Kemendes PDTT terus berusaha menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di tengah pandemi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News