Gus Muhaimin Ingatkan Pemerintah soal Pentingnya Belanja Produk Dalam Negeri

Gus Muhaimin Ingatkan Pemerintah soal Pentingnya Belanja Produk Dalam Negeri
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar (empat dari kanan) menghadiri Seminar Nasional Inspektorat Utama Sekretariat Jenderal DPR RI di Ruang Pustakaloka, Gedung Nusantara IV DPR RI, Jakarta, Rabu (21/9). Foto: Humas DPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Pascapandemi Covid-19 berkepanjangan, perekonomian dalam negeri maupun dunia mengalami perlambatan. 

Kini, kasus Covid-19 mereda. Pemerintah perlu memacu pertumbuhan ekonomi nasional agar lebih cepat bangkit. 

Wakil Ketua DPR RI Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar alias Gus Muhaimin mengatakan salah satu cara untuk memulihkan ekonomi nasional adalah percepatan peningkatan belanja produk dalam negeri serta produk usaha mikro, kecil, dan koperasi (UMKK). 

Gus Muhaimin menyebutkan pada 2022 alokasi belanja barang dan jasa serta modal pemerintah Rp 1.000 triliun. 

Dari angka tersebut, 40 persen atau Rp 400 triliun berpotensi digunakan untuk pembelian produk dalam negeri dan produk UMKK. 

Selanjutnya, Badan Pusat Statistik (BPS) memprediksi jika direalisasikan dalam semester I 2022, potensi tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi 1,7 persen.

Presiden Jokowi telah menerbitkan Instruksi Presiden Republik Indonesia (Inpres) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Percepatan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri dan Produk UMKK dalam rangka Menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia pada Pelaksanaan Pengadaan Barang/ Jasa Pemerintah.

Gus Muhaimin mengatakan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) sebenarnya telah lama digaungkan sejak 2009. 

Gus Muhaimin mengingatkan pentingnya belanja produk dalam negeri untuk memacu perekonomian Indonesia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News