Gus Muhaimin: Keanekaragaman adalah Modal Besar Indonesia

Gus Muhaimin: Keanekaragaman adalah Modal Besar Indonesia
Ketum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa keanekaragaman suku, agama, dan ras di Indonesia adalah takdir yang menjadi kekuatan bangsa. Foto: Dok PKB

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum DPP PKB Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa keanekaragaman suku, agama, dan ras di Indonesia adalah takdir yang menjadi kekuatan bangsa.

Hal itu disampaikan Gus Muhaimin dalam acara perayaan Hari Trisuci Waisak di Kompleks Parlemen, Jakarta, Sabtu (20/5).

“Indonesia yang kaya dengan keanekaragaman adalah modal besar kita bersama. Merusak kekuatan itu sama saja mengingkari takdir Tuhan, mengingkari hukum alam,” kata Gus Muhaimin.

Gus Muhaimin mengajak masyarakat merawat Indonesia sebaik-baiknya dengan pengabdian kepada manusia-manusia di dalamnya dengan cinta dan bukan dengan permusuhan.

Menurutnya, ketika melihat bagaimana masyarakat lintas agama di Indonesia menyambut dengan penuh persaudaraan, sebuah perjalanan spiritual “Thudong”, sejumlah biku yang berjalan kaki dari Thailand menuju ke Candi Borobudur, hati merasa sejuk. 

“Inilah Indonesia aslinya yang begitu indah menghargai perbedaan, yang membuat dunia kagum dengan Indonesia,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Muhaimin menyapa para biku yang hadir antara lain Biku Panyawaro, Suhu Arya Maitri, Suhu Prasnawira, Suhu Dutawira, Biku Dhammasubho, dan Biku Kanit.

Gus Muhaimin mengatakan kedekatan batin PKB dengan umat Buddha selalu dijaga, salah satu contohnya adalah menempatkan Daniel Johan sebagai salah satu pengurus inti di DPP PKB.

Ketum PKB Muhaimin Iskandar mengatakan bahwa keanekaragaman suku, agama, dan ras di Indonesia adalah takdir yang menjadi kekuatan bangsa

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News