Desa Kian Dinamis, Gus Muhaimin Usulkan Dana Desa Jadi Rp 5 Miliar

Desa Kian Dinamis, Gus Muhaimin Usulkan Dana Desa Jadi Rp 5 Miliar
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar menghadiri Bincang BUMDesa Inspiratif yang digelar Ditjen Pengembangam Ekonomi dan Investasi Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Selasa (16/5/2023) petang di Kampung Mataraman, Bantul, Yogyakarta Foto: Humas III

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar mengatakan pemberdayaan masyarakat desa melalui penggunaan dana telah membawa dampak positif bagi masyarakat di Indonesia dan telah menjadi contoh bagi negara-negara lain dalam upaya pemberdayaan masyarakat desa.

Dengan dana desa yang lebih besar serta pemberian kewenangan yang lebih luas, desa akan terus menjadi tulang punggung kemajuan dan daya tahan negara.

Menurut Gus Muhaimin, sapaan akrabnya, banyak efektivitas penggunaan APBN melalui Dana Desa ini luar biasa.

Dia mengajak momentum ini kita jaga bersama, kepala desa agar jangan sampai kesempatan emas penggunaan dana desa ini terlewatkan di masa yang akan datang.

“Kami targetkan 2024 dan ke depan minimal setiap desa bukan saja satu miliar tetapi api bisa sampai 5 miliar,” tegas Gus Muhaimin menghadiri Bincang BUMDesa Inspiratif yang digelar Ditjen Pengembangam Ekonomi dan Investasi Desa Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Selasa (16/5/2023) petang di Kampung Mataraman, Bantul, Yogyakarta.

Gus Muhaimin bercerita bahwa sejak dicetuskannya Undang-Undang Desa serta alokasi dana desa, terjadi berbagai perdebatan. Bukan hanya substansi namun juga implementasinya.

Dia menyebut beberapa ahli anggaran termasuk ekonom sempat meragukan kepala desa jadi subjek utama pembangunan yang mengendalikan dan memiliki kewenangan anggaran.

“Beberapa pihak mengkhawatirkan akan terjadi penyelewengan dan sebagainya, namun  ternyata hanya terjadi beberapa kasus penyalahgunaan namun kasuistil,” tambahnya.

Pemberdayaan masyarakat desa melalui penggunaan dana telah membawa dampak positif bagi masyarakat di Indonesia & telah menjadi contoh bagi negara-negara lain.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News