Kejari Bengkulu Tengah Tahan Mantan Kades Tersangka Korupsi Dana Desa

Kejari Bengkulu Tengah Tahan Mantan Kades Tersangka Korupsi Dana Desa
Tersangka SA saat dibawa ke ruang tahanan Polres Bengkulu Tengah. (ANTARA/Anggi Mayasari)

jpnn.com - KOTA BENGKULU - Kejaksaan Negeri Bengkulu Tengah menahan mantan Kepala Desa Pematang Tiga berinisial SA (51), yang merupakan tersangka korupsi dana desa. "SA merupakan mantan kades Pematang Tiga yang ditetapkan sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dana desa," kata Kasi Intel Kejari Bengkulu Tengah Marjek Ravilo di Bengkulu, Senin (10/4).

Saat ini, tersangka SA sudah ditahan dan dititipkan di sel Markas Kepolisian Resor Bengkulu Tengah selama 20 hari ke depan untuk kepentingan penyidikan.

Selama proses penahanan tersebut, tim penyidik Kejari Bengkulu Tengah akan melengkapi berkas perkara tersangka agar dapat segera dilanjutkan ke tahap persidangan.

Marjek menyebut bahwa tersangka SA menjabat kades Pematang Tiga pada periode 2016 hingga 2021.

Menurut dia, SA diduga melakukan tindak pidana korupsi dana desa pada tahun anggaran 2020/2021 hingga menimbulkan kerugian negara sekitar Rp 268 juta.

Dalam kasus ini, tersangka SA diduga melakukan tindak pidana korupsi pada tiga kegiatan yang menggunakan dana desa, yakni pembangunan jalan usaha tani, pembangunan gudang, dan pemasangan bangunan sinyal di desa tersebut.

"Untuk modus operandi yang digunakan oleh tersangka adalah menggunakan surat pertanggungjawaban fiktif," kata Marjek.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan penyidik Kejari Bengkulu Tengah, tambah Marjek, uang hasil korupsi digunakan tersangka SA untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari dan juga dipakai untuk melakukan penggandaan uang di Provinsi Lampung. (antara/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Kejari Bengkulu Tengah menahan mantan Kepala Desa Pematang Tiga berinisial SA (51), yang merupakan tersangka korupsi dana desa.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News