Gus Muhaimin: Teknologi, Agama, dan Pasar Jadi 3 Kekuatan Dahsyat

Gus Muhaimin: Teknologi, Agama, dan Pasar Jadi 3 Kekuatan Dahsyat
Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pandemi Covid-19 mengubah berbagai tatanan dan pola kehidupan masyarakat hari-hari ini.

Wakil Ketua DPR Bidang Korkesra Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) mengatakan, kehidupan manusia menghadapi tantangan perubahan yang luar biasa. Keadaan dan kondisi dunia mengalami perubahan terus-menerus.

”Tahun ini kita harus benar-benar menyiapkan diri sebaik-baiknya, bukan hanya masyarakat, jamaah, semua aspek kehidupan kita tata ulang sebaik-baiknya. Kenapa? Karena hari ini semuanya sedang berubah. Semuanya serba tidak menentu, serba mencari model dan pola baru, sedang berubah segala-galanya,” ujar Gus Muhaimin saat memberikan pengarahan pada Acara Gebyar Muharram 1443 H Halaqah Majelis Taklim Bersama Gus Muhaimin dan Anak-anak Yatim secara virtual, Minggu (29/8/2021).

Menurut Gus Muhaimin, pola hidup yang berubah akibat pandemi Covid-19 ini kemungkinan akan berlangsung panjang. Kebiasaan masyarakat memakai masker dan menjaga jarak akan terus berlangsung hingga nantinya pandemi benar-benar berakhir.

“Paling pokok semuanya ini sedang menyesuaikan. Ekonominya menyesuaikan, pola hubungan antar negara, cara kerja masyarakatnya, dunia dan bangsa menyesuaikan karena sedang menyalami pencarian bentuk baru,” tuturnya.

Ketua Umum PKB inin mengatakan ada tiga hal yang menyebabkan perubahan terjadi setidaknya dalam 10 tahun terakhir.

Pertama, banyak temuan teknologi baru, terutama teknologi informasi yang benar-benar mengubah cara hidup, cara berbelanja maupun cara berkomunikasi masyarakat.

”Pertemuan-pertemuan dengan Zoom kini banyak yang ikut. Belum lagi cara menyajikan pencerdasan, menyajikan pola pikir, majelis taklim berubah. Kalau tidak ikut berubah bisa ditinggal,” tuturnya.

Gus Muhaimin mengatakan kehidupan manusia menghadapi tantangan perubahan yang luar biasa. Keadaan dan kondisi dunia mengalami perubahan terus-menerus.jaka

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News