Gus Yaqut Melobi Arab Saudi demi WNI Bisa Berangkat Umrah dan Haji Lagi

Gus Yaqut Melobi Arab Saudi demi WNI Bisa Berangkat Umrah dan Haji Lagi
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut. Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bakal berkunjung ke Arab Saudi untuk membahas kebijakan baru negeri kerajaan itu tentang pelonggaran aturan pelaksanaan umrah dan haji.

Gus Yaqut -panggilan akrabnya- akan berangkat ke negeri petrodolar itu pada akhir bulan ini.

"Pemerintah tetap melakukan diplomasi terkait pelaksanaan haji dan umrah," ujarnya, Kamis (21/10).

Dalam rangka itu pula Gus Yaqut mengingatkan penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) benar-benar mematuhi protokol kesehatan (prokes).

Peringatan itu sebagai tindak lanjut atas kebijakan baru dari Kerajaan Arab Saudi tentang pelonggaran penyelenggaraan umrah bagi jemaah dari mancanegara, termasuk Indonesia.

Gus Yaqut meyakini adanya kaitan erat antara keberhasilan penyelenggaraan umrah dengan pelaksanaan haji mendatang. 

"Saya sangat berharap PPIU benar-benar memastikan jemaah umrahnya mematuhi aturan dan protokol kesehatan yang berlaku," katanya.

Dia juga mewanti-wanti PPIU memastikan validitas hasil tes PCR jemaah yang akan terbang ke tanah suci. Sebab, jangan sampai jemaah yang ketika hendak berangkat umrah dinyatakan negatif dari Covid-19, ternyata ketika tiba di Arab Saudi justru dinyatakan positif terpapar virus penyebab pandemi glibal itu.

Menag Gus Yaqut bakal berkunjung ke Arab Saudi untuk membahas kebijakan baru negeri kerajaan itu tentang pelonggaran aturan pelaksanaan umrah dan haji.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News