Lihat, Masjidilharam Beroperasi Penuh Lagi, Stiker Social Distancing Dicopoti

Lihat, Masjidilharam Beroperasi Penuh Lagi, Stiker Social Distancing Dicopoti
Petugas di Masjidilharam melepas stiker penanda social distancing. Foto: Saudi Press Agency

jpnn.com, RIYADH - Ada kabar gembira bagi umat Islam yang merindukan Masjidilharam di Makkah, Arab Saudi.

Kini, otoritas Arab Saudi telah melonggarkan pembatasan di masjid dengan Ka'bah di tengahnya itu.

Pada Minggu (18/10), Masjidilharam dibuka sepenuhnya tanpa social distancing. Saat ini stiker penanda jarak fisik di tempat suci umat Islam itu telah dilepas.

Pelonggaran itu merupakan kebijakan baru yang dikeluarkan Kementerian Urusan Dalam Negeri Arab Saudi. Wakil Sekretaris Jenderal Masjid Agung Saad bin Mohammed Al-Muhaimid menyatakan Masjidilharam beroperasi dengan kapasitas penuh, tetapi tetap memastikan keselamatan jemaah.

Oleh karena itu, hanya jemaah dengan vaksinasi lengkap Covid-19 yang diperbolehkan memasuki Masjidilharam. Selain itu, tetap ada protokol kesehatan yang masih diterapkan di dalam masjid.

"Mewajibkan pekerja dan pengunjung mengenakan masker selama di dalam masjid," ujar pengumuman Kementerian Urusan Dalam Negeri Arab Saudi.

Baca juga: Pemerintahan Jokowi Hebat, Bisa Meyakinkan Arab Saudi Soal Izin Umrah

Kebijakan itu itu juga mewajibkan jemaah yang hendak memasuki Masjidilharam menggunakan aplikasi Eatmarna atau Tawakkalna. Hal itu bertujuan mencegah penumpukan jemaah pada waktu bersamaan.

Kementerian Urusan Dalam Negeri Arab Saudi melonggarkan pembatasan di Masjidilharam dengan tetap mewajibkan vaksinasi lengkap Covid-19 bagi jemaah umrah.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News