Gustav dan Hannah Berlalu, Badai Ike Datang

Sebagian Warga Miami Pilih Tak Mengungsi

Gustav dan Hannah Berlalu, Badai Ike Datang
Gustav dan Hannah Berlalu, Badai Ike Datang

KEY WEST- Setelah badai Gustav dan Hannah berlalu, Badai Ike mulai mengancam Amerika Serikat. Jutaan orang pun terpaksa dievakuasi dari wilayah Florida untuk menghindari terjangan Ike yang diperkirakan bakal terjadi pada awal-awal pekan ini.

Badai Ike yang kekuatannya masuk kategori 4 atau 216 kilometer per jam tersebut saat ini sedang bergerak tak menentu dari arah Karibia, yang kemungkinan besar bakal menuju ke arah Pantai Teluk AS.  Otoritas Florida mulai mengevakuasi penduduk dari rumah mereka pada Minggu (7/9) pagi waktu setempat setelah sehari sebelumnya memerintahkan pengunjung untuk segera keluar dari wilayah negara bagian tersebut.

”Kami mengerti kalau evakuasi ini sungguh tidak membuat nyaman penduduk. Namun, keselamatan mereka menjadi prioritas kami,” ujar Administrator Monroe County Roman Gastesi. "Badai ini sudah sangat dekat, reaksinya harus cepat.”

Kepulauan terakhir yang terhantam Ike adalah Turks dan Caicos. Penduduk di kepulauan milik Inggris itu pun terpaksa harus menyelamatkan diri di tempat-tempat perlindungan bawah tanah di rumah masing-masing.

Pada pukul 8 pagi kemarin (7/9) waktu Miami (sekitar pukul 8 malam WIB), petugas di Pusat Pemantauan Badai di Miami menyatakan kalau Ike telah sampai ke Pulau Great Inagua di wilayah Kepulauan Bahama. Selanjutnya, Ike bergerak ke arah timur dan tengah Kuba.

”Badai ini seperti memiliki pikirannya sendiri,” ujar Gubernur Florida Charlie Crist setelah pertemuan dengan walikota dan pejabat setempat akhir pekan kemarin. ”Sangat tidak beraturan. Jadi, yang kita lakukan adalah bersiap, bersikap cerdas, waspada, dan berjaga-jaga.”

KEY WEST- Setelah badai Gustav dan Hannah berlalu, Badai Ike mulai mengancam Amerika Serikat. Jutaan orang pun terpaksa dievakuasi dari wilayah Florida

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News