H-3 Lebaran, Puncak Konsumsi Premium

Capai 89 KL Per Hari

H-3 Lebaran, Puncak Konsumsi Premium
H-3 Lebaran, Puncak Konsumsi Premium
JAKARTA - Jumlah pemudik saat lebaran 2011 ini yang diprediksi mencapai 15,4 juta orang atau meningkat 4,14 persen dari tahun lalu yakni 14,8 juta orang. Hal ini tentunya juga berpengaruh terhadap meningkatnya konsumsi Bahan Bakar Minyak (BBM) khususnya jenis premium.

Menurut Vice President Coorporate PT Pertamina, Muhammad Harun, diperkirakan puncak penggunaan  premium akan terjadi pada  H-3 lebaran, yakni mencapai 98 ribu kiloliter (KL) per hari. Jumlah ini katanya mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan konsumsi premium periode yang sama lebaran tahun lalu sebesar 89 ribu KL.

"Sejak menjelang puasa kemarin tren peningkatan  konsumsi BBM khusus premiun sudah mulai meningkat, dari 62 ribu KL per hari pada hari-hari biasa, menjadi 65 ribu KL. Sementara pada puasa sudah naik menjadi 72 ribu KL per hari, puncaknya nanti terjadi pada saat H-3 yang diperkirakan mencapai 98 KL per hari," terang Harun pada acara diskusi kesiapan transportasi dan pasokan pangan jelang idul fitri 1432 hijriah di gedung Antara, Jakarta, Kamis (11/8).

Meskipun demikian, ungkap Harun, stok BBM untuk jenis premium tersebut dalam kondisi aman. " Kita pastikan bahwa stok BBM terutama jenis premium untuk menghadapi lonjakan itu aman," ujar Harun.

JAKARTA - Jumlah pemudik saat lebaran 2011 ini yang diprediksi mencapai 15,4 juta orang atau meningkat 4,14 persen dari tahun lalu yakni 14,8 juta

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News