H-3 Surat Suara Sampai ke Pulau Terpencil

H-3 Surat Suara Sampai ke Pulau Terpencil
H-3 Surat Suara Sampai ke Pulau Terpencil

jpnn.com - SERANG – Setelah mendistribusikan surat suara ke tiap kecamatan yang ada di tiga daerah pemilihan (dapil) kemarin, selanjutnya, surat suara didistribusikan ke dua dapil lain hari ini (3/12). Untuk pendistribusian ke pulau terpencil, yakni Pulau Tunda, Pulau Sangiang, dan Pulopanjang dilaporkan KPU Kabupaten Serang, akan dilaksanakan mulai H-3 atau 6 Desember. 

Divisi Kampanye dan Logistik pada KPU Kabupaten Serang Abidin Nasyar mengatakan, penyortiran surat suara di kabupaten sudah selesai dan sudah didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK). “Surat suara baru didistribusikan ke tiga dapil. Dua dapil lagi besok (hari ini),” kata Abidin di ruang kerjanya, Jumat (4/12) kemarin.

Adapun surat suara rusak, kata Abidin, mencapai 273 lembar. Untuk penggantian kerusakan, lanjutnya, sudah dibuatkan berita acara dan disampaikan kepada perusahaan yang mencetak surat suara. “Nanti menyusul (penggantian surat suara). Tapi, surat suara yang ada juga cukup,” tegasnya.

Untuk pendistribusian surat suara ke pulau terpencil, antara lain ke Pulau Tunda (Tirtayasa), Pulau Sangiang (Anyar), dan Pulopanjang (Puloampel), serta satu wilayah pegunungan terisolasi di Gunung Soka, Puloampel, Abidin mengaku sudah melakukan rapat koordinasi dengan PPK dan komunikasi dengan instansi terkait. Seperti Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Serang, Lanal Banten, Ditpolair Polda Banten, Polres Serang dan Cilegon, serta Kodim Serang dan Cilegon. 

“Jadwalnya, dari tanggal 6 Desember ke Pulau Tunda, tanggal 7-nya (Desember) ke Pulau Sangiang, Pulopanjang, dan Gunung Soka. Ke Pulau Tunda dan Pulopanjang menggunakan kapal Dishubkominfo. Sedangkan ke Pulau Sangiang, kita pakai kapal nelayan dikawal Lanal,” terangnya.

Senada disampaikan Ketua KPU Kabupaten Serang M Nasehudin. Katanya, surat suara tinggal didistribusikan ke wilayah pulau terpencil. Untuk penyortiran, akan dilanjutkan di tiap kecamatan. “Kita sudah mengumpulkan PPK yang di kepulauan soal distribusi surat suara agar melakukan persiapan. Yang pasti, kita akan pastikan bahwa surat suara menggunakan transportasi aman dan nyaman sehingga tepat waktu, tepat jumlah, dan tepat sasaran,” tegasnya. (zai/air/ags)


SERANG – Setelah mendistribusikan surat suara ke tiap kecamatan yang ada di tiga daerah pemilihan (dapil) kemarin, selanjutnya, surat suara


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News