Hadapi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Bakal Revitalisasi dan Bangun Waduk di 2023

Hadapi Banjir, Pemprov DKI Jakarta Bakal Revitalisasi dan Bangun Waduk di 2023
Warga korban banjir di Jakarta. ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menargetkan Pemprov DKI di bawah kepemimpinannya akan merevitalisasi dan membangun 16 waduk pada 2023.

Hal itu diungkapkan Heru saat rapat paripurna dengan agenda “Penyampaian Jawaban Penjabat Gubernur atas Pemandangan Umum Fraksi-Fraksi Terhadap Rancangan Peraturan Daerah”.

Rencana revitalisasi dan pembangunan waduk tersebut masuk dalam rencana pembangunan daerah (RPD) tahun 2023-2026 yang disusun oleh mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan beberapa waktu lalu.

"Pada 2023 ditargetkan untuk membangun dan atau merevitalisasi 16 waduk secara bertahap," ucap Heru di ruang Paripurna DPRD DKI Jakarta, Rabu (9/11) kemarin.

Selain itu, Heru mengungkapkan pihaknya akan melaksanakan program pemeliharaan prasarana dan sarana pengendalian banjir serta sistem pemantauan banjir.

Kemudian, meningkatkan kapasitas sungai. Pembangunan tanggul pengaman pantai juga tetap menjadi program prioritas penanggulangan banjir.

Pemprov DKI juga menambah daya tampungan air dan berkoordinasi secara intensif dengan pemerintah pusat untuk melakukan sinkronisasi berbagai program secara berkala.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus mendorong pemerintah daerah penyangga untuk berkontribusi pada penanganan banjir di Jakarta melalui kesepakatan bersama yang tertuang dalam program penanganan banjir dan longsor,” tuturnya.

Heru Budi Hartono menargetkan Pemprov DKI di bawah kepemimpinannya akan merevitalisasi dan membangun waduk pada 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News