Hadapi Dominasi Android, Microsoft Bakal Gratiskan OS Windows Phone

Hadapi Dominasi Android, Microsoft Bakal Gratiskan OS Windows Phone
Hadapi Dominasi Android, Microsoft Bakal Gratiskan OS Windows Phone

jpnn.com - MUMBAI - Semakin dominannya sistem operasi (OS) Android buatan Google membuat Microsoft pusing bukan kepalang. Bayangkan saja, OS gratis ini kini menguasai 64 persen pasar dunia.

Untuk menghindari keterpurukan, Microsoft pun mengambil langkah awal menuju sistem operasi Windows Phone secara gratis. Itu merupakan taktik baru raksasa software itu untuk meladeni dominasi Android dan sistem operasi bebas lainnya yang semakin merajalela.

Seperti dilansir laman Cnet, Sabtu (15/3), Microsoft dikabarkan telah berunding dengan salah satu operator telepon India untuk memproduksi perangkat Windows Phone murah. Microsoft dikabarkan setuju memberi harga khusus untuk OS Windows Phone.

Namun Microsoft menolak mengomentari kabar itu. "Kami tidak bisa mendiskusikan persyaratan lisensi rahasia," ujar sumber Microsoft.

Merujuk riset International Data Corporation (IDC), OS Windows Phone saat ini memiliki pasar kurang dari 10 persen di pasar smartphone India yang didominasi oleh Android. "Ini memang risiko yang diperhitungkan," kata Bob O'Donnell, analis utama di Technalysis Research.

Apalagi, pasar ponsel di negara berkembang sangat menantang. Bahkan sistim operasi seperti Firefox atau Ubuntu dari Linux yang bisa diunduh secara gratis bisa menjadi hambatan bagi OS Windows Phone yang selama ini membutuhkan lisensi.

"Jika Microsoft tetap bergantung dari pendapatan lisensi tentu susah berhadapan dengan keinginan konsumen yang menginginkan harga murah," sambung O’Donnell.

Menurutnya, model bisnis Microsoft dalam pasar smartphone harus mulai berubah dan pendapatan bisa dihasilkan dari layanan tambahan atas pemakaian OS-nya. "Jadi, ini adalah kesempatan untuk melangkahkan kaki ke sana," pungkasnya.(esy/jpnn)


MUMBAI - Semakin dominannya sistem operasi (OS) Android buatan Google membuat Microsoft pusing bukan kepalang. Bayangkan saja, OS gratis ini kini


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News