Hadapi Era Perubahan, Menaker Dorong Mahasiswa Miliki Jiwa

Hadapi Era Perubahan, Menaker Dorong Mahasiswa Miliki Jiwa
Menaker Hanif saat memberikan kuliah umum dalam Dies Natalis ke-1 Polteknaker kepada mahasiswa Polteknaker. Foto: Ist

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M. Hanif Dhakiri mendorong mahasiswa Politeknik Ketenagakerjaan (Polteknaker) menanamkan jiwa petarung, sikap optimistis, berpikir positif, dan bekerja keras dalam menghadapi era persaingan di masa mendatang.

Suntikan moril tersebut diberikan Menaker Hanif saat memberikan kuliah umum dalam Dies Natalis ke-1 Polteknaker kepada mahasiswa Polteknaker bertema "Skill, Knowledge, dan Attitude sebagai Kunci Utama untuk Berdaya Saing dalam Menghadapi Digitalisasi Dunia Industri" di Auditorium Polteknaker, Bekasi, Jawa Barat, Selasa (4/9).

"Saya titip pesan dua hal. Kerja keras diiringi inovasi dan kreasi itu menghasilkan prestasi. Kedua percaya kebaikan, apalagi kebaikan itu dilakukan secara terus menerus akan melahirkan kebaikan. Itu berarti keberkahan dalam hidup. Percaya kerja keras dan kebaikan, maka InshaaAllah hidup jadi enak," kata Menaker Hanif.

Turut hadir pada acara ini Sekjen Kemnaker Hery Sudarmanto, Dirjen Binapenta PKK Maruli A. Hasoloan, Dirjen Binwasnaker dan K3 Sugeng Priyanto, Kepala Balai Besar Pusat Pelatihan Kerja (BBPLK) Bekasi Helmiaty Basri, Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Polteknaker Retna Pertiwi, dan 180 mahasiswa Polteknaker.

Dies Natalis dihadiri pula oleh Sekolah Vokasi UGM, Kepala JIS, BPJS Ketenagakerjaan, Wakil Rektor I Universitas Tanri Abeng, perwakilan Kawasan M2100, Kawasan EJIP dan PT Jhonlin Baratama.

Menaker Hanif menambahkan, untuk menghadapi perubahan industri di era digitalisasi di masa depan, dibutuhkan 5K.

5K tersebut adalah Karakter, Kompetensi, Kreativitas, Kolaborasi, dan kontribusi.

"Saya ingin mahasiswa Polteknaker menguasai 5K ini. Kalau kalian menguasai 5K, mau berhadapan dengan mahasiwa UI, UGM pasti tetap percaya diri dan menang," ujarnya.

Menaker Hanif Dhakiri mengingatkan kaum muda untuk menghadapi perubahan industri di era digitalisasi di masa depan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News