Hadapi MEA, Kemenpar Gelar Rakornas SMK Seluruh Indonesia

Hadapi MEA, Kemenpar Gelar Rakornas SMK Seluruh Indonesia
Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (Deputi BPKK) Kementerian Pariwisata, Ahman Sya membuka Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata se-Indonesia di Batam, Provinsi Kepulauan Riau. Rabu (30/3) malam. FOTO: Mesya Moehamad/JPNN.om

jpnn.com - BATAM – Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (Deputi BPKK) Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata se-Indonesia di Hotel Harmoni One Center Batam, Provinsi Kepulauan Riau. 

Rakornas mengangkat tema “Peningkatan Kualitas dan Daya Saing lulusan SMK Pariwisata di era Masyarakat Ekonomi ASEAN”. Kegiatan ini dibuka oleh Deputi BPKK Ahman Sya tersebut berlangsung selama tiga hari, 30 Maret hingga 1 April 2016.

Rakornas ini membahas sejumlah agenda utama seputar komitmen para stakeholder khususnya lembaga pendidikan dalam mencetak  SDM pariwisata berkualitas agar mampu bersaing di pasar kerja era pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). 

Pemerintah (Kemenpar) berkomitmen meningkatkan kualitas dan daya saing SDM pariwisata yang tahun ini diwujudkan dalam program kegiatan antara lain  memfasilitasi kegiatan sertifikasi  bagi  35 ribu tenaga kerja  sektor pariwisata.  

“Angka ini mengalami kenaikan 100 persen dari target tahun 2015 yang lalu sebanyak 17.500 tenaga kerja,” kata Ahman Sya saat membuka rakornas SMK Pariwisata se Indonesia, Rabu (30/3) malam.

Dia menyebutkan, SMK Pariwisata yang dikumpulkan dalam Rakornas ini sekolah berakredistasi A. Ditambah SMK Pariwisata akreditasi B dengan catatan di wilayahnya tidak ada yang terakreditasi A.

“Ada sekitar 800 SMK jurusan pariwisata yang terakreditasi C. Mereka ini tidak kami undang agar ke depan punya keinginan untuk memperbaiki diri. Apalagi Rakornas ini akan kami laksanakan tiap tahun," tandasnya.

‎Melalui Rakornas SMK Pariwisata, menurut Ahman Sya, akan menjadi komitmen bersama antara pemerintah dan stakeholder khususnya bidang pendidikan untuk mendukung program penciptaan SDM pariwisata berkualitas agar dapat memenangkan persaingan. Tenaga kerja pariwisata Indonesia diharapkan akan mudah mengisi peluang kerja di sektor pariwisata khususnya untuk 38 job titles  yang telah disepakati bersama dalam Mutual Recognation Arrangement (MRA) Masyarakat Ekonomi ASEAN. ‎(esy/jpnn)


Berita Selanjutnya:
BNN Bidik Kantor dan Apotek

BATAM – Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Kepariwisataan (Deputi BPKK) Kementerian Pariwisata menggelar Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News