Hadapi Tantangan 2023, Lestari Moerdijat Dorong Wujudkan Kemandirian Bangsa Lewat Cara Ini

Hadapi Tantangan 2023, Lestari Moerdijat Dorong Wujudkan Kemandirian Bangsa Lewat Cara Ini
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong perlunya membangun semangat bersama guna mewujudkan kemandirian bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan di 2023. Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menyampaikan perlunya semangat bersama untuk mewujudkan kebijakan yang mampu mengakselerasi proses membangun kemandirian dan daya tahan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan di 2023.

"Pekerjaan rumah di 2022 harus segera dituntaskan agar pada tahun ini kita mampu mengakselerasi pembangunan nasional demi mewujudkan kemandirian dan daya tahan bangsa," kata Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Senin (2/1).

Rerie yang akrab disapa itu menyebutkan pada tahun lalu proses sejumlah kebijakan kerap menghadapi berbagai kendala yang berpotensi menghambat proses percepatan pembangunan nasional di beberapa sektor.

Di sektor pendidikan, lanjut Rerie mencontohkan, sejumlah kebijakan seperti peningkatan kualitas guru, baik lewat upaya peningkatan kompetensi dan pengangkatan guru honorer masih menghadapi beberapa kendala.

Demikian pula dengan proses revisi Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) yang berupaya mengintegrasikan peran tiga undang-undang terkait pendidikan.

Ketiga undang-undang terkait pendidikan tersebut, yaitu Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, serta Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, proses revisi UU Sisdiknas memerlukan partisipasi semua pihak, yakni para pemangku kepentingan dan masyarakat agar memiliki semangat yang sama dalam mewujudkan sistem pendidikan nasional yang lebih baik.

Masih kata Rerie, partisipasi publik dan para pemangku kepentingan di sektor terkait dalam proses pembuatan kebijakan juga harus terus ditingkatkan.

Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat mendorong perlunya membangun semangat bersama mewujudkan kemandirian bangsa untuk menghadapi berbagai tantangan di 2023

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News