Hadir dalam PKKMB UMJ 2022, Zulhas Punya Pesan Penting untuk Mahasiswa

Hadir dalam PKKMB UMJ 2022, Zulhas Punya Pesan Penting untuk Mahasiswa
Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta generasi muda mempersiapkan diri untuk menjadi penerus bangsa. Foto: Dok Kemendag

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta generasi muda mempersiapkan diri untuk menjadi penerus bangsa.

Dia mengatakan generasi mudah harus membekali diri dengan intelektual dan spiritual untuk menghadapi persaingan serta tantangan global saat ini.

Hal ini disampaikan Mendag Zulkifli Hasan di depan 4.000 Mahasiswa dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) 2022 yang digelar hari ini, Senin (12/9) di Tangerang Selatan, Banten.

"Hidup itu dari lahir hingga besar merupakan kompetisi. Dunia cepat sekali berubah. Oleh karena itu, kita harus mempersiapkan diri dengan sungguh-sungguh belajar agar bisa ikut bersaing secara nasional maupun global," ujar Mendag Zulkifli Hasan.

Menurut Mendag, hidup pilihan yakni untuk berlomba mencapai prestasi sebaik-baiknya dan selalu berkompetisi.

Dia pun membeberkan ada tiga kategori hidup. Pertama sekedar hidup yakni dilengkapi indra dan nafsu. Kedua, hidup sebagai manusia merdeka yang dilengkapi akal dan rasa. Ketiga, hidup sebagai manusia yang berpikir, yaitu menggunakan akal secara optimal sehingga menghasilkan ilmu yang berguna.

Oleh karena itu, dia menyebut generasi muda harus produktif dengan memiliki target peta jalan yang jelas dan daya juang. Dengan sungguh-sungguh dan dengan daya juang nanti hasilnya dapat terukur.

"Generasi muda harus produktif mempunyai ukuran target karena akan menentukan masa depan Indonesia," imbuh Mendag Zulhas.

Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan (Zulhas) meminta generasi muda mempersiapkan diri untuk menjadi penerus bangsa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News