Hadir di Forum Arsip Internasional, Rieke Bicara soal Peradaban Islam

Hadir di Forum Arsip Internasional, Rieke Bicara soal Peradaban Islam
Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyampaikan peradaban Islam selalu mampu menjadi harmonisasi hubungan antarnegara di dunia. Foto: Dok Pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Duta Arsip Nasional Rieke Diah Pitaloka menyampaikan peradaban Islam selalu mampu menjadi harmonisasi hubungan antarnegara di dunia.

Pandangan itu disampaikan dalam pembukaan pertemuan pendahuluan Forum Kerja Sama Arsip Nasional Negara-Negara Berpenduduk Mayoritas Muslim dan Seminar Arsip Sejarah Peradaban Islam dan Diplomasi Internasional Jakarta, Rabu (12/7).

Rieke menyebut dari catatan sejarah, peradaban Islam sangat jelas tidak anti barat ataupun Amerika, membuat Islam menjadi diplomasi internasional.

Rieke mengutip memori kolektif Menteri Keuangan Iran, Ali Amini saat pembukaan Konferensi Asia Afrika 1955 di Bandung.

Rieke setuju bahwa negara Islam tulus berkolaborasi guna menciptakan kerjasama yang bermanfaat di semua benua di dunia.

“Kami bisa memberikan pembuktian bahwa bangsa Afrika-Asia jauh dari perasaan permusuhan seperti anti-Barat, anti-Amerika atau anti-Eropa. Kami berharap untuk menciptakan sebuah atmosfir yang tulus dan kolaborasi yang bermanfaat bagi semua benua dan negara, baik negara maju dan kurang maju, bangsa Barat dan bangsa Timur, negara besar dan negara kecil,; sebuah tanah air yang universal untuk semua umat manusia demi rasa kedamaian, kebebasan, persamaan, toleransi, dan saling menghormati,” kata Rieke mengutip pandangan Ali Amini.

Menurutnya, gagasan Ali Amini tersebut seirama dengan pemikiran para pemimpin negara-negara yang saat itu menjadi peserta Konferensi Asia Afrika.

Pemikiran tentang perdamaian dunia, membebaskan bangsa-bangsa dari kolonialisme dan imperialisme yang melahirkan kesadaran kolektif.
Politikus PDIP itu menilai kesadaran kolektif menjadi gerakan kolektif atau gerakan yang bersifat dekolonialisme. Gerakan antarbangsa yang melintasi benua.

"Hasilnya, kurang lebih dalam waktu sepuluh tahun membuahkan tak kurang dari 40 kemerdekaan bangsa-bangsa di Asia, Afrika dan Amerika Latin," ucapnya.

Anggota DPR RI Rieke Diah Pitaloka menyampaikan peradaban Islam selalu mampu menjadi harmonisasi hubungan antarnegara di dunia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News